Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2013

Jalin Ukhuwah Kita (@nurina_sari)

Gambar
Oke,jalin ukhuwah itu.....
- Menjadi orang baik itu gampang,tapi bertahan menjadi orang baik itu harus berjuang.
- Menjadi sahabat yang baik tidak selalu berkata yang baik,tapi yakinlah dia selalu berharap qt selalu menjadi lebih baik.
- Semakin sering ketemu dan ngobrol,peluang adanya kesalahan juga besar,so saling memaafkan solusinya. - Harus Sabar,ga da manusia yg bersih dr kekurangan,bersih dr kesalahan.
So,maklumi dan maafkan kalau teman ada kekhilafan.

Penerapan Pendidikan Profetik sebagai Solusi untuk Pendidikan Indonesia

Ini satu paket tugas pra DM2, ya meng-upload tulisan lama, semoga ada manfaatnya. ^_^ Pendidikan Indonesia ke depan harus lebih baik. ^_^ Pendidikan adalah hak setiap warga negara sebagaimana termaktub di dalam Pasal 28 UUD 1945. Jika warga negara mempunyai hak, dengan sendirinya bahwa pemerintah sebagai pihak yang mesti menunaikan kewajibannya terhadap rakyatnya. Rakyat berkewajiban menuntut hak-haknya.

Setelah Membaca Buku Mencari Pahlawan Indonesia (Anis Matta)

Ini juga tugas yang satunya lagi, saat itu harus baca buku dan membuat resumenya.Hehe....ini resume atau tulis ulang ya ==". Bagus memang kata-kata yang ditulis oleh sang penulis. Ya, jadi kayak meringkas nih. Oke, saat ini sepertinya Indonesia lagi mencari sosok pahlawan yang tepat buat jadi pemimpin mulai 2014.Yup,ini tulisan setelah baca buku ini.
Pahlawan bukanlah orang suci dari langit yang diturunkan ke bumi untuk menyelesaikan  persoalan manusia dengan mukjizat, secepat kilat untuk kemudian kembali ke langit. Pahlawan adalah orang biasa yang melakukan pekerjaan – pekerjaan besar, dalam sunyi yang panjang, sampai waktu mereka habis. Pahlawan tidak harus dicatat dalam buku sejarah atau dimakamkan di Taman Makan Pahlawan. Mereka juga melakukan kesalahan dan dosa, mereka bukan malaikat. Mereka hanya manusia biasa yang berusaha memaksimalkan seluruh kemampuannya untuk memberikan yang terbaik bagi orang – orang di sekelilingnya. Mereka merakit kerja – kerja kecil …

Setelah Membaca Buku Dari Gerakan Ke Negara (Anis Matta)

Saat buka-buka hardisk lama, menemukan folder tugas PRA DM2 lalu, yaitu membaca buku ini. Ya, buku yang keren, sebagai pilihan untuk mengisi diri memandang sebuah gerakan untuk membangun negara. ^_^ 
Sebuah Rekonstruksi Negara Madinah yang Dibangun dari Bahan Dasar Sebuah Gerakan
Sebuah episode baru dalam sejarah telah dimulai, yaitu sebuah gerakan telah berkembang menjadi sebuah negara, dan sebuah negara telah bergerak menuju peradabannya; sebuah agama telah menemukan “orang-orangnya”, setelah itu mereka akan menancapkan “bangunan peradaban” mereka.Hijrah, dalam sejarah dakwah Rasulullah SAW adalah sebuah metamorfosis dari “gerakan” menjadi negara. Tiga belas tahun sebelumnya, Rasulullah SAW melakukan penetrasi sosial yang sangat sistematis, di mana Islam menjadi jalan hidup individu; di mana Islam “memanusia” dan kemudian “memasyarakat”. Sekarang, melalui hijrah, masyarakat itu bergerak linear menuju negara. Melalui hijrah, gerakan itu “menegara”, dan Madinah adalah wilayahnya.

Niat Awal Sepedaan Berubah Jadi Jalan-jalan ^_^

Gambar
Ya,kemarin pagi jam 06.00 sudah berangkat dari kost menuju kampus. Sesuai kesepakatan kemarin, kalau Kamis pagi kami mau ikut fun bike naik spikun...Lha,sesampainya di lokasi, masih belum keliatan spikun ada di lokasi. Kami melihat dari jauh, hehe,di belakang Perpustakaan, menunggu sampai jam 7 pagi.
Oke, gpp, olah raga tetap jadi. Yuk,jalan-jalan.
Rute yang tak begitu jauh, tak sampai kelilingi kampus UI Depok lah, cukup yang deket2 aja.
Oke,pertama ke jembatan Teksas (teknik sastra). Ya, bagus  ^_^

Lalu lanjut ke FE, ya betulllll, ada pa hayooo....?
Yang pernah nonton Film 5 cm, pasti tahu. Itu tuh taman makara.
Tapi sayang kemarin kan tergolong hari libur, jadi air mancurnya ga jalan, sepi gitu.
Hehe, kayak ke taman rekreasi aja, foto-foto. Hm, mumpung sepi nih.
Oke,have a nice holiday. Seneng bisa jalan-jalan (by on foot) bersama teman-teman. Thank you for today.

Refreshing Setelah UAS ^_^ Desember Ceria (2)

Gambar
Setelah Sabtu keliling mengunjungi adek bayi, Minggu nya jalan-jalan ke Seaworld. ^_^
Yah, seru dan menyenangkan. Padahal rencana awalnya pingin main ke TMII, ternyata rencana Allah lebih indah. Haha, dari pagi Depok diguyur hujan rintik-rintik lalu semakin deras. Jadinya jam 10.30 baru kumpul di Pocin, lalu berangkat deh ke stasiun Jakarta Kota. Saat hujan semakin deras, langsung cari tempat wisata yang indoor. Taa daaa, keputusannya kita main ke SEA WORLD. Setelah naik KRL, lalu naik bus way.  Sampe sana sekitar jam 1 siang, jadi sholat dhuhur dulu barurefreshing. Naik bus wara-wiri menuju sea world. Oke, jalan-jalan dimulai. Kami kira seaworld "agak sepi", lha kok rame bgt, maklum hari libur pertama anak-anak. Ternyata hujan gerimis tetap aja rame. Hm, jadi gitu, selain nonton ikan-ikan, juga nonton banyak orang.Hahaha. oke, jepret saat lihat akuarium besar ini....^_^

Nah, seru siang-siang disana, ada Feeding show. Anak-anak rame banget, semangat dan keren ekspresinya.
Se…

Refreshing Setelah UAS ^_^ Desember Ceria (1)

Gambar
Alhamdulillah UAS Selesai, jadwal keliling silaturrahim plus main-main pun jadi juga ^_^
Hari Sabtu kemarin, 21 Desember kunjungi rumah Nurul dan Mbak Uchan yang jadi ibu baru...Jenguk adek bayi, dek Abe (putra Nurul) dan dek Nessa (putri Mbak Uchan).
Perjalanan dimulai dari stasiun Pocin ke stasiun Depok Baru, lalu naik angkot 03 menuju Arko,dan jalan kaki ke rumah Nurul. Yeeee, seneng banget.Oke, sebelum pamit, foto bareng dulu. hehe, momen bahagia diabadikan, agar selalu terkenang.

Oke, agenda kedua adalah menuju Bogor. Ya, ke rumah mbah uchan di villa bogor indah. Alhamdulillah, karena Maria dah mahir bawa mobil jadi kami ga nyasar. Sampai di rumah mbah uchan, mau maghrib gitu, hm, udah malam, Jam 8 balik ke Depok. Eits, sebelum pulang, foto dulu lagi.Hahaha, asyik.
Enak banget perjalanan kemarin, sampe makan siang dan makan malamnya terjamin deh.^_^ Terima kasih para ibu muda ini, oh ya, met hari ibu juga nih. Sip, senang banget nih, Kami full team MIK Girls 2013. Ya,rasa ukhuwah…

Catatan Pengalamanku UAS di Semester 1

Ini adalah Catatan Pengalaman Mahasiswa (Saya) Setelah UAS  
Alhamdulillah, UAS Semester 1 sudah selesai, berlangsung 3 hari dari Rabu sampai Jumat (18-20 Des’13) dengan cukup lancar. Alhamdulillah, sudah mulai tenang dan pasrah sekarang. Berbeda kondisinya saat baru saja keluar ruang ujian, masih berpikir bagaimana hasilnya, dan masih mencari jawaban yang seharusnya ditulis untuk soal UAS atau lebih lagi kalau masih didiskusikan ma teman-teman mengenai jawabannya. Yah, wajar dan biasa. Seringkali hal itupun juga dialami oleh para mahasiswa. Termasuk aku. Pengalaman yang unik, yang tidak aku alami saat tidak menjadi mahasiswa.                  Oke, ada beberapa momen dalam pengalaman UAS kali ini yang ingin kuabadikan di blog, pengalaman UAS di semester 1 MIK Fasilkom UI.  Ya, mungkin kelak bisa menjadi bahan buat nostalgia. ^_^ Dan ada beberapa hal yang ingin ku share, tapi belum pantas kalau disebut tips dan trik, karena nilaiku belum teruji. Nah, di semester ini, aku ambil 5 mata…

SMS Taujih Lagi ^_^

Berikut ini beberapa SMS Taujih Aa Gym yang selalu terkirim ke HPku.
^_^ lha, karena langganan soalnya, setiap hari jadi serasa selalu diingetin.
oke, ini dia, semoga bermanfaat....
^_^ Yuk, saling mengingatkan dalam kebaikan.

1. Jangan mau diatur oleh keburukan orang lain, bila ada yang berkata dan bersikap buruk, tidak perlu ikut-ikutan keburukannya.
2. Sahabat, dihina karena jujur lebih baik dan menentramkan daripada dipuji padahal tidak jujur pasti tidak akan tenang.
3.Semakin besar dan tulus pengorbannya (sehat,bagus hewan Qurbannya) semakin mulia dan dicintaiNya.
4.Enaknya makanan hanya sepanjang jari, tapi petaka karena memakan makanan tidak halal, akan mengalir dalam darah di sekujur tubuh. Naudzubillah.
5. Bekerja bukan untuk uang tapi untuk amal soleh mendekat kepada-Nya, Allah yang menjamin rizki lewat berbagai cara dan jalan.
6. Kebanyakan mikir yang tidak nyambung ke Allah pasti bikin pusing sendiri, Ayo "bungkus" dan serahkan kepada Allah, nanti akan dibimbing solusinya…

Sedekah itu Melipatgandakan sampai 700 : Infak itu Bagai Sebutir Biji yang Tumbuh

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas dan Maha Mengetahui.” (Al Baqarah 261)
Allah jelas menerangkan kepada kita tentang menginfakkan harta di jalan Allah. Allah memberikan analogi yang sangat jelas, sangat menjanjikan, dan sangat luar biasa. Infak disamakan seperti biji yang tumbuh, dan perhatikan tumbuhnya tidak hanya 1, tapi tujuh tangkai. Dan setiap tangkai ada seratus biji. Sehingga kita sering mendengar bahwa infak itu bisa berlipat sampai 700 kalinya. Iya kawan, sangat luar biasa, mana ada orang yang menjanjikan dengan segitu besarnya balasan. Hanya Allah yang bisa menjanjikan dan memberikannya kepada hamba yang dikehendakiNya.Tuh kan, ada syarat bahwa Allah akan melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. So jangan menyerah, siapa saja bisa dapat kok. Semangat berinfak di jalan Allah. ^_^

Doa Kita = Request to Allah

Doa yang indah ini ada di Al Qur'an, di akhir surat Al  Baqarah, yaitu pada ayat ke 286.  "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya, dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak kami sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."
Sebait Doa yang luar biasa indah, penuh pengakuan dan permintaan yang sungguh "dalam". Sebait doa yang direkam dan diabadikan di dalam Al Qur'an. Doa yang setiap hari kita bisa baca di dalam Al Matsurat. Doa yang benar-benar mengakui bahwa diri i…

Hak Prerogratif Allah yang Luar Biasa : Allah Menghendaki Siapa yang Sesat dan yang Diberi Petunjuk

“…..Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki……” (Al Mudassir : 31)
Kalimat di atas terdapat pada surat Al Mudassir ayat 31. Ayat tersebut merupakan yang panjang di surat tersebut, menjelaskan tentang ada 19 malaikat penjaga neraka, dan menunjukkan bahwa neraka Saqar sebagai peringatan bagi manusia. Nah, kalimat di tengah dan sebelum akhir pada ayat itu, mengingatkan kita akan adanya hak preogratif Allah, yang itu memang terserah Allah. Hak yang sangat luar biasa, tak bisa disangka, tak bisa diprotes, tapi bisa diperjuangkan dan diusahakan. Kehendak Allah itu bebas, tak ada yang mengintervensiNya, semua karena kekuasaan Allah atas segalanya.

Fitrah Kita sebagai Manusia memang Suka Galau (Suka Mengeluh)

“Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kerusakan  dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan salat, mereka yang tetap setia melaksanakan salatnya dan orang-orang yang dalam hartanya disiapkan bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan yang tidak meminta, dan orang-orang yang mempercayai hari pembalasan, dan orang-orang yang takut terhadap azab Tuhannya. ( Al Ma’arij 19-27)
Jelas banget kan Allah menjelaskan kepada kita, wahai manusia. Hehe, bahwa manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Iya, banget, pantesan galau terus ya. Dikit-dikit galau, muram, bingung, ngeluh, sedih, nangis, atau apapun kata yang menunjukkan bahwa kita meratapi nasib dengan keluhan. Ya, belum berhenti disini kawan.

[#5] Presiden 2014 : Presiden Indonesia Adalah Sosok yang VISIONER

Ya, kriteria kelima ini saya tulis setelahgoogling, menemukan banyak artikel yang memuat tentang pemimpin visioner. Oke, pertama dari definisi pemimpin yang visioner itu apa? Ada 3 yang saya tulis ulang disini, yaitu sebagai berikut :

Dari ketiga definisi yang saya “copaste” di bawah ini, dapat kita pahami bahwa sosok presiden 2014 untuk Indonesia adalah sosok yang harus VISIONER. Presiden yang mempunyai arah yang jelas, mimpi yang melangit dengan aksi dan kebijakan yang membumi. Presiden Indonesia 2014-2019 mempunyai visi untuk Indonesia di masa depan, tentang pengelolaan sumber daya alamnya yang melimpah, jumlah penduduknya yang semakin bertambah, kemacetan di kota-kota besar bahkan semakin parah.

[#4] Presiden 2014 : Presiden Indonesia Adalah Sosok yang CERDAS

Fathonah berarti cerdas, mempunyai pengetahuan/intelektual yang tinggi. Ini adalah sifat keempat Rasulullah saw, sebagai karakter mendasar sosok pemimpin sejati. Ya, begitu juga presidenku kelak yang terpilih di pilpres 2014. Presiden Indonesia yang cerdas. Presiden yang cerdas dalam mengambil keputusan, cerdas dalam mengambil sikap, cerdas dalam memikirkan strategi mengatasi masalah Indonesia, cerdas dalam menyampaikan pesan, cerdas dalam menangkap peluang, cerdas dalam peka terhadap sekitarnya. Hm, ideal banget sepertinya. Tapi itu mungkin, kawan. Mungkin sekali. Cerdas bukan melulu value yang sifatnya given, atau asli dari pemberian Allah. Kecerdasan mata hati juga bisa diasah sejak dini. Kecerdasan mental juga ditingkatkan sejak beliau belajar dan berinteraksi dengan orang lain. Kecerdasan spiritual juga dibangun setiap harinya, dengan ibadah, dzikir dan amal sholihnya. Kecerdasan bersikap, berkata dan yang lainnya, adalah hasil nyata dari kebiasaan yang telah beliau lakukan. Semu…

[#3] Presiden 2014 : Presiden Indonesia Adalah Sosok yang Komunikatif

Kata komunikatif ini saya pilih sebagai transformasi dari sifat ketiga Rasulullah saw, yaitu “Tabligh”. Tabligh artinya menyampaikan. Segala firman Allah SWT yang ditujukan oleh manusia, disampaikan oleh Baginda.  “Supaya Dia mengetahui, bahwa sesungguhnya rasul-rasul itu telah menyampaikan risalah-risalah Tuhannya, sedang ilmu-Nya meliputi apa yang ada pada mereka, dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu.” (QS Al-Jin: 28) Tidak ada yang disembunyikan walaupun isinya menyinggung Baginda sendiri. Ya, di awal surat Abasa. “Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling, kerana telah datang seorang buta kepadanya.” (QS ‘Abasa: 1~2) Keren banget, beliau menyampaikan semua wahyu yang turun kepada umatnya. Menyampaikan pesan illahi dengan 100%, tanpa dikurangi atau ditambahi. Beliau bisa dengan baik menyampaikannya, sehingga para sahabat pun bisa cepat memahaminya, dan juga menghafalnya.

Lha, trus apa hubungannya dengan sosok Presiden 2014 ? Hm, agak ga nyambung ta? Atau saya aja yang se…

[#2] Presiden 2014 : Presiden Indonesia adalah sosok yang Amanah

Saat mencari arti dari amanah, kutemukan definisinya adalah benar-benar bisa dipercaya. Nabi Muhammad SAW mendapat penghargaan oleh penduduk Mekkah dengan gelar “Al Amin” yang artinya terpercaya jauh sebelum beliau diangkat jadi Nabi.  Yup, singkatnya sosok pemimpin adalah sosok yang bisa dipercaya. Sosok pemimpin yang amanah, yang bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugasnya. He em, begitu juga untuk presiden Indonesia yang terpilih pada pilpres 2014-2019, semoga adalah sosok yang amanah. ^_^

[#1] Presiden 2014 : Presiden Indonesia adalah sosok yang Jujur

Dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 119, Allah SWT mengisyaratkan kepada muslimin untuk senantiasa bersama orang-orang yang jujur. Hai orang-orang yang beriman,bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.(QS. At-Taubah:119) Rasulullah SAW bersabda mengenai pentingnya kejujuran. “Jauhilah dusta karena dusta akan membawa kepada dosa dan dosa membawamu ke neraka. Biasakanlah berkata jujur karena jujur akan membawamu kepada kebajikan dan kebajikan membawamu ke surga” (HR Bukhari dan Muslim) Oke, berawal dari dua point di atas, dalil Al Qur’an dan hadist Rasulullah, saya memulai tulisan ini.

Setelah Baca Buku AL IMAN WA IQADZ AL-KHOFIYYAH ^_^ (3)

Ringkasan BAB 6 MULAILAH DENGAN LANGKAH-LANGKAH KESUKSESAN
Mimpi tentang Takdir Setiap orang mempunyai mimpi dalam hidupnya, hanya saja ada kegagalan yang dapat merusak. Maka, harus mengembalikan mimpi-mimpi itu dan menjadikannya sebagai kenyataan. Sesungguhnya kita diciptakan agar dapat mempersembahkan sesuatu yang UNIK dengan membawa sesuatu yang ISTIMEWA. Agar terjadi perubahan yang bernilai, maka harus dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan.

Setelah Baca Buku AL IMAN WA IQADZ AL-KHOFIYYAH ^_^ (2)

Ringkasan BAB 5 MANAJEMEN PRIBADI ADALAH BUKTI KEKUATAN ANDA
-Manajemen Pribadi  & Faktor-faktor serta Kendala dalam Me-manage Waktu -Langkah-langkah untuk Me-manage Waktu Anda -Bagaimana Menciptakan Motivasi Kerja & Evaluasi dan Standar Pribadi -Menanamkan Akidah dan Nilai-nilai yang Luhur dan yang Benar -Nilai Pribadi yang Agung -Fase yang paling Penting -Cara Menanamkan Nilai dan Prinsip Kebanaran
Manajemen Pribadi  & Faktor-faktor Yang Membantu Dalam Manajemen Waktu Manajemen Pribadi membutuhkan TUJUAN & MISI Faktor-faktor : MENYUSUN RENCANA MENCATAT GAGASAN,RENCANA, & TUJUAN
3.YAKIN BUTUH PERBAIKAN DALAM PERENCANAAN TIDAK PERLU PUTUS ASA KALAU GAGAL MENENTUKAN PRIORITAS (lebih penting & bermanfaat) BACA & PAHAMI KEMBALI RENCANA & TUJUAN Kesuksesan tidak ditentukan oleh standar pekerjaan yang dihasilkan, tetapi pada sejauh mana hasilnya berpengaruh positif terhadap pekerjaan di sekitar. Kendala dalam Me-manage Waktu Tidak adanya tujuan / rencana Malas &…

Setelah Baca Buku AL IMAN WA IQADZ AL-KHOFIYYAH ^_^

Ringkasan  BAB 4 HUKUM PERILAKU ANDA
Terima Ide Lain Pengambilan keputusan yang tepat menurut Foku Jiro terletak pada sejauh mana capaian terhadap pengetahuan dan informasi yang penting untuk diketahui. Setiap orang yang berperan dalam proses pengambilan keputusan harus dengan hassatut tabashshur (kemampuan memandang jauh ke depan). Metode terbaik untuk memperoleh hassatut tabashshur adalah dengan berusaha sungguh-sungguh merealisasikan gagasan yang ada pada pikiran,yakin atas apa yang dilakukan,dan tidak pernah berhenti belajar. Bagaimana Menjadi Pribadi yang Teratur Biasakan diri untuk berpikir dan merenung sejenak atas segala tugas serta pekerjaan penting yang dilakukan sebelum beralih pada pekerjaan lainnya. Memikirkan terlebih dahulu tugas sebelum melakukannya, niscaya akan mampu bekerja jauh lebih efektif daripada tanpa perencanaan. Keteraturan memberikan waktu yang lebih banyak. Apabila menjadikan kedisiplinan dan keteraturan sebagai unsur paling mendasar bisa menumbuhkan ras…

TAKDIR : Saat Allah Berkehendak, Maka semua menjadi NYATA

Gambar
“Inama Amruhu Idza Arada Sya’ian An Yaqula Lahu Kun Fayakun” (QS. Yasin: 82). Sesungguhnya urusan-nya apabila Di menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya "Jadilah!" Maka jadilah sesuatu itu.


Ya, ayat yang luar biasa. Sungguh keren dan membuat kita harus bener-bener bisa memaknainya. Sehingga tidak terjerumus dalam keputus asaan yang dalam saat menderita ataupun mendapatkan musibah, masalah dan apa saja yang tidak kita inginkan. Selain itu, kita tak boleh sombong akan kenikmatan yang selalu kita raih, kebahagiaan atas akhir proses perjuangan yang kita tempuh. Yakinilah, semuanya itu dari Allah. Nah, menarik bagiku, beberapa hari lalu, di kelompok kecilku diskusi terkait ini. Diskusi yang ringan dan sepele, tapi bermakna bagiku. Ya, tentang takdir Allah, ketetapanNya sungguh tak ada yang tahu, tak ada yang pernah bisa menduganya, pikiran dan logika tak sampai kiranya.  Takdir tentang musibah pun telah ditulis rapi di Lauh Mahfuz. Di surat Al Hadiid ayat 22-23. "Se…

Jalan-jalan di Ahad semangat!!!

Gambar
ya, hari ahad kemarin (8 Desember 2013) sungguh semangat.
Baru kali ini berani jalan kaki (baca : nekat) dari kost menuju kampus. Ini ketemu di rotunda, depan rektorat UI, ada konser intifahdha disana. Nah, setelah sampai, lari 2x putaran, uhhh, sungguh, terasa. Ini nih karena jarang olahraga. Masak cuma gitu aja udah nafasnya ga beraturan ==".
Oke, setelah selesai, maka take a picture ^_^
ya, setelah itu, jalan-jalan lagi menuju arah FMIPA, ehh, akhirnya beli makannya di antara FKM dan FIK. Ada UI GF. ^_^
 sip, seru, banyak yang jual makan..hehe, ada acara yang mendidik anak2 main dengan ramah lingkungan. Ada kayak main ular tangga gitu, tapi anak2 yang jadi pemain aslinya.  Ada juga beberapa stand menganai komunitas pecinta binatang dan para sponsor. Oke, ahad ini sungguh semangat, sampai berangkat dan pulang aku tempah dengan jalan kaki. Wow, sampai di kost dengan selamat. Walau setelah itu, istirahat alias tidur siang, karena kecapekan.



ISLAM ITU JALAN HIDUP KITA

Ya, judul ini sangatlah biasa, sudah umum, dan standar. Hm, Islam itu jalan hidup kita. Aku mau share tentang hasil diskusi dengan beberapa teman beberapa waktu lalu, saat menunggu orang dalam kelompok kami yang tak kunjung hadir. Dari 8 orang, hanya 3 yang dating. Entah, aku lupa awalnya, kenapa bahas topik tentang “islam”.  Aku mendapatkan sesuatu yang sungguh bermakna. Kalau lo ditanya orang jawabnya jangan salah. “Are you Islam?” , terus jawabanmu apa? Aku balik bertanya, bukannya harusnya “Are you muslim?” baru jawabnya “ya”. Ya.harusnya gitu. Tapi kalau lo jawabnya “yes, I am Islam”, lo salah besar. Soalnya lo udah ngaku kalo lo islam, jadi kalo lo ada salah, maka islam salah. Gw ga suka ma orang yang ngaku Islam tapi kelakukannya jelek-jelekim Islam. Nah, temen satu lagi nimpali dengan pertanyaan. “Nah, disitu salahnya! Islam itu agama, jalan dan petunjuk buat hidup. Kalau 1 orang muslim salah lalu menyimpulkan bahwa Islam salah itu salah besar.” Dia melanjutkan, Islam itu a…

Firman Allah itu Sempurna

“Demi gunung (Sinai), dan demi kitab yang ditulis, pada lembaran yang terbuka, dan demi Baitulmma’mur (Ka’bah), demi atap yang ditinggikan (langit), demi lautan yang penuh gelombang, sungguh azab Tuhanmu pasti terjadi, tidak sesuatu pun yang dapat menolaknya.” (At Tur : 1-8) Ya, beberapa hari lalu saat membaca terjemahan di awal surat At Tur ini, sungguh kagum, ngena banget kan ma kata-kata yang dipilih Allah. Sungguh sempurna. Pilihan obyek dan makluknya yang disebut di awal sungguh indah. Tak ada kata-kata dalam puisi yang bisa mengalahkannya. Kata “demi” biasanya digunakan untuk dasar sumpah. Hmmm,masih ingat kan, frase “Demi Tuhan!!!” Eits, bukan tentang itu disini. Allah menyebutkan sederetan yang diberi keistimewakan untuk disebut, yaitu gunung (Sinai) lalu kitab yang ditulis, lembaran yang terbuka, ka’bah, langit dan lautan. Sungguh, tak akan terbantahkan, sungguh bukan janji biasa, bukan tipu-tipu, ini NYATA. Janji Allah tentang azab, pasti terjadi, tak ada yang bisa menolakny…

Yuk Berdoa ^_^ di PRIME TIME -> doa Yusa bin Nun keren abizzz

Gambar
Hayooooooo, BERDOA.....BERDOA....BERDOA

Setelah kemarin datang ke acara rutin pekanan (JARUM SALAM UI 16)
So sweet, keren abiz , momen yang tepat banget (saat hujan deras)

Dapat inspirasi baru tentang "dashyatnya doa". Sosok yang diceritakan, bagiku "agak" asing bagiku.
Aku belum pernah mendengar kisah "keren" nya.
Ya, namanya Yusa bin Nun, seorang murid dari nabi Musa as
Doanya keren abizzz, saya sengaja searching dan mengutip tentang ini  :

Nabi Yusya’ bin Nun berkata: “Wahai matahari, sesungguhnya engkau hanya mengikuti perintah Alloh Subhanahu wa Ta’ala, begitu pula aku. Aku bersujud mengikuti perintahNya. Ya Alloh Subhanahu wa Ta’ala, tahanlah matahari itu untukku agar tidak terbenam dulu!”. Maka AllohSubhanahu wa Ta’ala  menahan matahari agar tidak terbenam sampai dia berhasil menaklukkan negeri ini dan memerintahkan bulan agar tidak menampakkan dirinya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata, bahwa Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabd…

[#1] Ajang Pemilihan Pemimpin Mahasiswa itu PEMIRA di Kampus

Hm, maafkan saya kalau misalnya memberi judul seperti itu. Ini hanya karena sifat usil saya. Ini ajang kompetisi yang luar biasa, bukan seperti ajang pencarian bakat atau minat yang sering kita tonton di televisi. Ini juga bukan ajang yang membuat pesertanya akan terkenal se-Indonesia. Ini bukan ajang yang biasa, kawan. Ini adalah ajang pemilihan seorang pemimpin. Ini adalah momen yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Sunnatullah, pergantian pemimpin itu memang begitu adanya. Harus ada peralihan tongkat estafet kepemimpinan. Harus ada kaderisasi, sehingga akan tumbuh dan berkembang para pemimpin yang teruji di Indonesia. Nah, tak hanya pergantian pemimpin di tingkat negara (sebut saja ppresiden), tapi di kampus pun juga ada. Halah, sampai di tingkat RT pun juga ada mekanisme seperti ini. Ya, inilah pesta demokrasi di negeri kita. Tapi jangan salah mengartikan, bahwa pesta ini dirayakan dengan hura-hura (dengan keluarkan banyak uang untuk money politic atau habiskan banyak uang kampan…

Edisi Belajar dari Hidup (cie....lebay juga judulnya ^_^)

Gambar
(status facebook saya akhir-akhir ini segitunya ya. ==" baru sadar)


edisi 1 :
Ada rasa deg-degan, ada harapan, ada takut, saat usaha belum sempurna.
Hm,merasa persiapan belum cukup untuk menghadapi ujian nanti yang akan dihadapi. Keep move it, keep trying, keep spirit. Lagi-lagi, hidup itu proses, tak semua proses bisa dilewati dengan bersantai, ada kalanya prosesnya butuh perjuangan yang lebih. Salah satunya perjuangan memusuhi ego dan hawa nafsu. Ya,tak salah berharap yang terbaik, tak salah pula berusaha dengan sekuat tenaga, dan tetap ikhlas menerima takdirNya

edisi 2 :
Salah dan benar mungkin hal yang jelas berbeda. Baik dan buruk pun harusnya bisa kita bedakan. Ya, tak hanya benar, tapi juga baik, itu yang kita pilih. Dan tak hanya itu, kita berharap mendapat yang lebih baik. Tak cukup juga, doa kita selalu berisi meminta yang terbaik. Yup, maafkan saya, mungkin salah dalam memilih, atau memutuskan. Ini adalah bagian dari ikhtiar saya. Semoga ini yang terbaik buat kita. Aamiin 

e…