Jalin Ukhuwah Kita (@nurina_sari)

Oke,jalin ukhuwah itu.....
Menjadi orang baik itu gampang,tapi bertahan menjadi orang baik itu harus berjuang.
- Menjadi sahabat yang baik tidak selalu berkata yang baik,tapi yakinlah dia selalu berharap qt selalu menjadi lebih baik.
Semakin sering ketemu dan ngobrol,peluang adanya kesalahan juga besar,so saling memaafkan solusinya.
Harus Sabar,ga da manusia yg bersih dr kekurangan,bersih dr kesalahan.
So,maklumi dan maafkan kalau teman ada kekhilafan.


Saat kau ditegur,dikritik,diberi saran/diingatkan akan kesalahanmu,sadarlah bhw dia sangat menyayangimu.Walau itu sakit rasany#jalin_ukhuwah
Sakit hati atau tersinggung itu biasa,tapi memaafkan dan bangkit memperbaiki lalu berubah lebih baik itu luar biasa.
-Ukhuwah dibangun dg proses,tak cukup sedetik,semenit,sejam,sehari atau bahkan setahun.Prosesny seumur hidup slama msh bertemu.
Saat mulai mengenalnya,dari poin 10 mgkin nilainya jadi 9 karena dia pernah 1x melakukan kesalahan.Fokus pd 9 jangan pada 1nya#jalin_ukhuwah
Ada lisan yg salah,tingkah yg salah,dan respon yg salah.Jangan lama-lama disimpan dalam hati,karena bisa jadi penyakit hati.
Jalin ukhuwah itu memang merepotkan,butuh kesabaran untuk bisa saling memahami.
Mungkin teori sudah dipelajari,kisah bijak sudah dipahami,tapi belum tentu berhasil dalam aplikasi.Ya,jalin ukhuwah contohnya.
Ya,saya manusia,dia pun juga manusia.Saat ada kesalahan maka segera lah tuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. ukhuwah
- Sifat dasar manusia tak suka dikritik,rasany sakit&tak terima.Mungkin,yg sampaikan kritik lbh sakit saat tau kau tersinggung.
- Saat bertemu dengannya,perhatikan pertanyaan pertamanya itu menunjukkan seberapa besar perhatiannya. ukhuwah
- Jalin ukhuwah itu kadang ribet,ada yang harus disembunyikan tuk saling menjaga perasaan.Tapi disitulah seni ukhuwah#jalin_ukhuwah
- Jalin ukhuwah itu sederhana,asalkan saling jujur dan terbuka satu sama lain.Disanalah hati kita bisa saling terpaut.
- Ukhuwah itu lewati 5 tahap,ada taaruf,takaful,tafahum,taawun lalu tingkat tertinggi itsar.Kita di level yang mana?
- Saat merasa ada kesenjangan/perbedaan,yakinilah itu justru bagian dari kekayaan.Kita belajar banyak dari masing2 kita.
- Saat jalin ukhuwah,kau akan temukan satu atau sepuluh perbedaan,sifat atau pendapat,tp mungkin da sejuta kesamaan antara kita.
- Fokus tuk menemukan lebih banyak kesamaan agar energi ukhuwah ni lebih kuat,tak rapuh walau ada masalah sepele di antara kita.
-Toleransi akan sangat dibutuhkan lebih-lebih saat baru berkenalan,masih di level 1 ukhuwah.
Isi hati kita tidak bisa otomatis dia pahami,solusinya ceritakan agar dia bisa mengerti,siapa dan bagaimana kita.
-Senyum dan tawanya adalah output yg selalu qt inginkan saat kita bertemu dan menjalin ukhuwah dengannya.
-Kekhawatirannya adalah bukti bahwa dia berusaha untuk mengambil jatah waktunya untuk kita.
-Ukhuwah itu tak pernah kita minta,tapi dia berikan setulusnya untuk kita,karena baginya itu adalah bagian dari hidupnya.
-Mungkin teori sudah dipelajari,kisah bijak sudah dipahami,tapi belum tentu berhasil dalam aplikasi.Ya,jalin ukhuwah contohnya.
-Jalin ukhuwah itu kadang tak mudah,karena suatu ketika harus menahan ego demi menikmati kebersamaan.
Jalin ukhuwah itu kadang tak mudah,saat ada dua atau lebih kepentingan dan kebutuhan terjadi bersamaan.
Jalin ukhuwah itu sangat menyenangkan,kita bisa saling mengisi dan menyempurnakan kisah perjalanan hidup ini bersamanya.,
Jalin ukhuwah itu sangat menyenangkan karena ada doa yg tulus ditujukan untuk kebaikan kita.Walau kita tak pernah melihatnya.
-Jalin ukhuwah itu sangat menyenangkan,semoga tak hanya di dunia,kita berkumpul bersama lagi di jannahNya yang kekal abadi.

Ya,aku merasakan bagaimana rasanya membangun ukhuwah. Kadang mudah, tapi tak jarang terasa sulit. Yang membuat  jadi nano-nano rasanya, karena kita tak tahu apa yang ada dalam hatinya. Ya, tetap bersyukur atas rahasianya kata dalam hati, rasa dalam kalbu, desiran dalam nurani. Andai orang lain tahu semuanya, bisa bahaya, lebih susah lagi menjaga perasaan dan mengendalikan emosi.

Jadi inget nobita dan doraemon, saat nobita ingin orang lain di sekitarnya tahu apa yang ia inginkan, termasuk ibu dan bapaknya. Awalnya berjalan sesuai dengan keinginan, tapi semakin banyak kata yang muncul dalam diri, yang hanya punya ruang dalam batin, seketika itu bisa menyulut emosi yang mendengarnya karena bisikannya bersifat negatif alias buruk. Ya, atau film yang dari Jepang, lupa namanya, yang kelainan juga, bisa membaca pikiran orang lain. Di satu sisi, dia bisa memahami lebih awal sebelum orang lain tersebut menyampaikan kemauannya, dan bisa segera membantu tanpa diminta. Tapi sungguh akan sangat terluka dan sakit, kalau yang dipikirkan orang lain itu ternyata hal negatif tentang kita. Menilai buruk dan benci pada kita. Hm,susah juga kan kalo gitu.

Yup, yuk jalin ukhuwah kita, semoga tak hanya di dunia fana ini saja, tapi kekal abadi di jannahNya, berkumpul kembali disana.Aamiin





Komentar