Postingan

Welcome 2018

Salam,

Lama sekali tidak update kabar via blogspot. Mohon maaf kalau masih banyak yang tanya tentang beasiswa BPPDN gara-gara ceritaku. Hihihi, tapi seneng kalau ada manfaatnya, walau dikit banget.

Hai....semua 2018, sekarang saya lebih sibuk posting materi kuliah di wordpress. Curcol via tumblr juga sudah mulai ga sempat.
Sekarang beralih ke instagram @bethanurina.

Ya gitu, selama 2 tahun ga ngeblog di sini. Rasa ingin merefresh blog. Saya ganti tema deh, biar kelihatan baru. Wkwkwkw. Padahal ya gitu, bahasa ngeblog di sini ga baku banget.

Ya udah dulu deh, nanti semoga ada cerita lagi yang menginspirasi.
Hari ini, 31 januari 2018 meninggalkan jejak dulu di sini. ^_^

Merencanakan Kesuksesan Akademik

Beberapa hari lalu, ada yang cerita tentang nilainya, IP dan IPK. Singkatnya begini, IPK semester lalu 2,9xx lalu semester ini mendapat IP 3,xxx. Nah, kagetnya kok IPK juga belum melewati ke 3,0. Hm, jadi merasa ingin cerita tentang hal ini. Saya dulu adalah mahasiswa yang penuh strategi, haha, bukan sosok mahasiswa yang ideal. Maksunya bukan mahasiswa tulen yang selalu rajin masuk ke kelas, dengan tugas selalu baik atau nilai kuis yang tinggi, tapi selalu berusaha tobat di kesempatan terakhir, yup pas UAS. Berdasarkan kesepakatan waktu kontrak kuliah, prosetase nilai tiap elemen kuliah cukup jadi fokus, yaitu prosentase UTS dan UAS seringkali jauh lebih tinggi. Tapi ada juga mata kuliah yang poin tugasnya yang masyaAllah, karena hampir 2 minggu sekali ada tugas. Kembali ke topik ya, merencanakan kesuksesan akademik ini perlu, agar motivasi kuliah bisa tetap terjaga, dan semangat pantang menyerah juga selalu membara.#eaaa
Kuliah, masa pembelajaran yang cukup, di sana ada proses belaj…

Pengalaman [Belajar] Jadi Dosen Part 2

Hai semuanya….khususnya dek @helda. Ini part 2 yang mau saya ceritakan. Jadi part 1 kemarin, saya cerita sedikit tentang poin Adaptasi. Adaptasi terhadap semuanya, tentang cuaca juga lho. Panas banget di karawang, hehe. Kalau hujan hampir setiap hari, jadi sejuk dan dingin. ^_^ Oke, part 2 ini sedikitnya saya cerita tentang membangun percaya diri. Ya, percaya diri memang sudah sifat asli kita. Nah disini, hard skill dan soft skill harus dimainkan. Membangun percaya diri bisa dengan cepat tegak kalau amunisi alias bekalnya lengkap. Yup, kompetensi atau keahlian dan soft skill yang bisa diterapkan dengan baik. Hm, saya kira bagi dosen baru gitu dianggapnya masih “unyu”, jadi kayak Maba harus ada ospeknya. Hahaha,ternyata ada beneran. Ospek ala dosen , ospek (orientasi kehidupan kampus) berupa apa saja hal-hal baru yang harus kita tahu dan kita jalankan. Ya, tentang aturan kerja. Mungkin tak semuanya tertuliskan peraturan dan SOPnya. Ada kalanya memang harus banyak tanya, maklum masih b…

Pengalaman [Belajar] Jadi Dosen [Part 1]

Tulisan ini saya mulai karena ada yang minta saya cerita #sokyesbanget.  Ya beneran, colek dek @helda yang sekarang lagi kuliah di NCU Taiwan. Padahal dari sudut mana-mana, diri ini mah apa atuh. Hahaha, ga sekeren dia (refer ke yang minta cerita). Nanti saya minta cerita gimana kuliah s2 di luar negeri ya... Oke,bismillah. Saya mulai serius yah. Tentang pengalaman jadi dosen [baru 1 semester]. Memang ga layak kalau ngomongin pengalaman seumur jagung gini, ya iyalah baruuuu saja merasakan dan dapat title dosen.Lalu sebelumnya ituuuu tuh pas di malang, sebutannya instruktur. Hahaha. Oke, saya ganti ya judulnya, pengalaman belajar jadi dosen. Yup, sepakat kan? Alhamdulillah, sudah 1 semester dijalani. Perasaannya lega, banget! Serasa selesai dari beban satu, ketemu semester baru. Hahaha, sensasi lagi, tapi mungkin ga shock kayak di awal. Boleh jadi karena doeloe kala pernah ambil profesi ngomong di depan kelas, jelasin teknis atau teori dikit-dikit ke anak-anak yang baru lulus SMA, kal…

Beban dan Kesanggpupan

Dikutip dari tulisan jadulku di http://bethaajaaa.blogspot.co.id/2014/03/harus-tetap-semangat-beban-sanggup.html Ahh, terlalu idealis memang. Tapi tak apalah, itu namanya masih punya orientasi da prinsip yang masih diperjuangkan. #eaa Tapi sepertinya memang perlu kembali kusampaikan kepada diri sendiri tentang 2 hal itu, tentang beban dan kesanggupan. Memang enaknya adalah jika sanggup maka diberi amanah. Tetapi yang sering terjadi adalah, jika [tampaknya] sanggup, maka diberi amanah. Nah, amanah sering identik dengan beban. Ujung-ujungnya jadi mengeluh karena amanah tersebut malah menambah beban hidup #ups. Jadi deh,mengeluh dan tidak legowo. Waduh, tenang tenang. Aku tidak mengajak orang lain dalam bahasan tulisan ini. Hanya saja kalau misal posisinya sama, ya sok atuh nimbrung. Hm, jadi seharusnya diri kita pun harus punya daya tahan dan daya juang. Hidup ini memang begitu, unpredictable. Tak semuanya sesuai keinginan dan request kita. Pun dengan amanah atau tugas, pastinya ada mo…

Update Blog Nih #eh

Hai sahabat, lama banget ya ga nulis cerita di blogspot ini, padahal ini adalah blog pertama yang membuatku senang cerita lewat tulisan. Dari blog ini jugalah, aku punya banyak teman baru #eaa. Gara-gara ceritaku tentang beasiswa s2 BPPDN Calon dosen DIKTI juga, banyak yang main ke blog mungil ini. Semoga semakin semangat ya semuanya!!!!

Teknologi semakin pesat, begitu juga dunia sosmed. Dari mulai Facebook, Twitter, adalagi Tumblr. Ya...aku lebih sering curhatnya di tumblr, soalnya ngerasa ngetiknya ga harus panjang-panjang. Lalu, selama 4 bulan terakhir, lebih niat ngurus blog sebelah yang serius, ya yang isinya tentang kuliah dan materi plus curcol dikit.

Nah, sekarang masuk dalam masa-masa pengabdian di UNSIKA. Hm, jangan dipikir kalau pengabdian ngajar DIKTI memberatkan atau menyengsarakan. Justru bisa jadi menyenangkan. Hahaha, sampe banyak cerita di setiap harinya.

Ini dulu deh buat tanda update lagi, saya kembali ke sini.
Biasanya postingan di tumblr saya repost kesini. Hahah…

Wajarlah, Kan Masih Mahasiswa!

Wajarlah, Kan Masih Mahasiswa!  Begitulah kalau dulu ucapku saat menjadi mahasiswa kalau melakukan sesuatu yang di luar prosedur yang sudah ditentukan. Mahasiswa juga manusia, iya lah, apa lagi emangnya. Misalnya masalah kedatangan ke kelas, wajarlah semuanya mahasiswa ada juga kepentingan atau kerjaan di luar kuliah, sebut saja kerja atau organisasi mungkin. Tapi, ada batas toleransinya lah, jangan sampe dosen udah ucapkan “wassalam” lalu baru datang. Selama sepekan ini, saya mengingat-ingat apa yang pernah saya lakukan sebagai mahasiswa. Hahaha, kayak kilas balik alias nostalgia jadi mahasiswa. Kenapa begitu? Saya ingin mengevaluasi diri sendiri sebelum “marah-marah” ke mahasiswa.Halah. Pertama : Terlambat Masuk Kelas Hm, hari Senin kemarin (14 Desember 2015), luar biasa terasa perjuangan. Udah bangun sebelum jam 4, setelah sholat subuh lalu persiapan dan packing. Karena suatu hal, baru berangkat dari Depok menuju terminal Kp. Rambutan jam 05.30. Sungguh, menyesal rasanya. Biasanya…