[#2] Presiden 2014 : Presiden Indonesia adalah sosok yang Amanah

Saat mencari arti dari amanah, kutemukan definisinya adalah benar-benar bisa dipercaya. Nabi Muhammad SAW mendapat penghargaan oleh penduduk Mekkah dengan gelar “Al Amin” yang artinya terpercaya jauh sebelum beliau diangkat jadi Nabi. 
Yup, singkatnya sosok pemimpin adalah sosok yang bisa dipercaya. Sosok pemimpin yang amanah, yang bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugasnya. He em, begitu juga untuk presiden Indonesia yang terpilih pada pilpres 2014-2019, semoga adalah sosok yang amanah. ^_^

Setelah syarat pertama dipenuhi, yaitu beliau jujur, maka insyaAllah beliau juga adalah sosok yang amanah. Nah,kalau kita belajar dari sejarah, belajar tentang kisah perjalanan Rasulullah sebelum nubuwah. Sosok beliau sudah dipercaya oleh penduduk Quraisy, karena kejujurannya, karena tanggung jawabnya, karena komitmennya, sehingga sangat logis jika konsekuensinya adalah beliau dapat dipercaya. Nah, maksud saya juga terkait hal ini. Sosok Presiden 2014-2019 bukanlah sosok yang tiba-tiba lahir di Indonesia, bukan yang tiba-tiba muncul fotonya di kertas suara Pilpres. Saya yakin para calon presiden adalah mereka yang mempunyai mimpi dan visi untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Nah, lalu bagaimana kita tahu mana yang amanah mana yang kurang? (catatan : saya tidak menyebutkan tidak amanah lho).
Ayolah….ini hanya kalimat tanya yang sederhana, bukan kalimat tanya yang membutuhkan penurunan rumus matematika. Sederhana dan bisa kita jawab dengan fakta yang nyata. Kita bisa melihat rekam jejak beliau, kiprah beliau, peran beliau dan tindakan beliau jauh sebelum adanya isu pilpres. Boleh jadi semenjak beliau mengasah jiwa kepemimpinannya saat anak-anak,atau saat memimpin organisasi di sekolah, atau pun kontribusi beliau di masa reformasi, atau dari prestasi membanggakan beliau untuk Indonesia. Mungkin hal ini tak banyak diekspos, atau memang kalah dengan isu dan berita jumlah kekayaan para calon Presiden. Tenang, jangan putus asa, jangan menyerah, karena Harapan itu pasti ada. Sosok presiden yang amanah itu ada di Indonesia sekarang, dan saya yakin beliau masih dalam proses membangun diri agar siap mengemban amanah menjadi presiden.
Ingat, beliau adalah ketua keluarga, sosok suami dan ayah dari anak-anaknya. Kita bisa melihat bagaimana kualitas kepemimpinan beliau dari kecemerlangan keluarganya. Kita bisa mengamati betapa amanah beliau dalam mengemban tugas utamanya, menjadi orang nomor satu di rumahnya.
Ingat, beliau juga adalah bagian dari masyarakat. Kita bisa tanyakan atau amati apa yang sudah beliau lakukan untuk tetangga, atau juga untuk masyarakat di desanya. Apakah beliau amanah terhadap kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Apakah saat jadwal meronda siskampling, beliau tetap datang atau sebaliknya. Apakah saat beliau diberi tugas membawa uang kas RT, beliau amanah dan tidak menggunakannya untuk kepentingan pribadinya.
Ya,ini bukan tulisan pengandaian, ini adalah tulisan harapan. Tulisan yang meminta dan mungkin agak memaksa, bahwa sosok presiden Indonesia adalah sosok yang amanah. ^_^
Depok, 23 November 2013
via bethanurina.tumblr.com

Komentar