Doa Kita = Request to Allah

Doa yang indah ini ada di Al Qur'an, di akhir surat Al  Baqarah, yaitu pada ayat ke 286. 
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya, dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak kami sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Sebait Doa yang luar biasa indah, penuh pengakuan dan permintaan yang sungguh "dalam". Sebait doa yang direkam dan diabadikan di dalam Al Qur'an. Doa yang setiap hari kita bisa baca di dalam Al Matsurat. Doa yang benar-benar mengakui bahwa diri ini lemah, dan Allah lah yang Maha Kuasa atas segalanya.

Doa tentang amanah, semoga beban ini adalah beban yag kita bisa mengangkatnya, amanah yang bisa kita kerjakan dengan sebaik-baiknya, bukan beban yang berlebihan, karena kelak kita akan mempertanggungjawabkannya.

Sungguh,Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ya, semangat ini harus ada di dalam benak kita. Bagaimanapun kondisinya, kita harus yakin, bahwa kita bisa melaluinya. Bagaimanapun situasinya, kita harus percaya, bahwa Allah memberikannya untuk kita. Bukan hal yang asal-asalan, tapi ini adalah cara untuk pembuktian. Siapa di antara kita yang benar-benar mengabdi kepadaNya.
Doa memohon maaf atas lupa dan kesalahan. Doa memohon maaf atas dosa yang telah dilakukan. Doa mohon ampunan kepada Allah, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Doa pun diakhiri dengan kata "Aamiin..."

Depok,17 Desember 2013



Komentar