[#1] Ajang Pemilihan Pemimpin Mahasiswa itu PEMIRA di Kampus

Hm, maafkan saya kalau misalnya memberi judul seperti itu. Ini hanya karena sifat usil saya.
Ini ajang kompetisi yang luar biasa, bukan seperti ajang pencarian bakat atau minat yang sering kita tonton di televisi. Ini juga bukan ajang yang membuat pesertanya akan terkenal se-Indonesia. Ini bukan ajang yang biasa, kawan. Ini adalah ajang pemilihan seorang pemimpin. Ini adalah momen yang tak boleh dilewatkan begitu saja.
Sunnatullah, pergantian pemimpin itu memang begitu adanya. Harus ada peralihan tongkat estafet kepemimpinan. Harus ada kaderisasi, sehingga akan tumbuh dan berkembang para pemimpin yang teruji di Indonesia. Nah, tak hanya pergantian pemimpin di tingkat negara (sebut saja ppresiden), tapi di kampus pun juga ada. Halah, sampai di tingkat RT pun juga ada mekanisme seperti ini.
Ya, inilah pesta demokrasi di negeri kita. Tapi jangan salah mengartikan, bahwa pesta ini dirayakan dengan hura-hura (dengan keluarkan banyak uang untuk money politic atau habiskan banyak uang kampanye dengan sia-sia), atau bahkan huru-hara (dengan tindakan anarkis, merusak ataupun mengganggu jalannya proses PEMIRA). Tidak kawan, ini terkadang menyisakan haru, haru yang sangat dalam. Bukan hanya karena kisah atau skenario ceritanya yang melankolis. Tapi proses dari awal sampai terpilihnya sosok presiden BEM Fakultas dan juga BEM Universitas yang sangat mengharukan, sungguh perjuangan yang tak ringan, ada pengorbanan yang tak ternilai, ketulusan yang luar biasa, kemantapan hati melangkah dalam niat mengemban amanah, menata asa dan karsa mewujudkan mimpi bersama membangun semuanya menjadi lebih baik.
Ya, bulan Desember, adalah momen yang selalu diisi dengan persiapan menuju tahun baru selanjutnya. Termasuk juga kabinet di BEM. Sehingga hampir di semua kampus mengadakan PEMIRA. Sekarang aku hanya sebagai pendukung,pengamat, penyemangat, kirim doa, dan hanya sebagai mahasiswa S2.Sekarang masih berlangsung Pemira di UI dari 2-6 Desember. Kalau dapat kabar dari kampusku dulu, PEMIRA di UB tanggal 11-12-13.
Sistem PEMIRA berbeda, kalau di UB, pemungutan suara hanya 1 hari, dari jam 8 sampai jam 4 sore. Lalu yang lama proses penghitungan suara, bisa sampai seminggu (7 hari) bahkan lebih, kalau misal ada masalah yang diributkan. Sistem PEMIRA di UI, pemungutan suata gunakan e-vote, dilakukan selama 5 hari, dan mungkin penghitungannya cukup 1 hari,atau bahkan hitungan detik atau menit.
 Ya, semoga keduanya bisa berjalan dengan baik sampai proses terakhir. Hasil akhir semoga terpilih pemimpin yang tepat.
Depok,5 Desember 2013

Komentar