Catatan Pengalamanku UAS di Semester 1

Ini adalah Catatan Pengalaman Mahasiswa (Saya) Setelah UAS  

Alhamdulillah, UAS Semester 1 sudah selesai, berlangsung 3 hari dari Rabu sampai Jumat (18-20 Des’13) dengan cukup lancar. Alhamdulillah, sudah mulai tenang dan pasrah sekarang. Berbeda kondisinya saat baru saja keluar ruang ujian, masih berpikir bagaimana hasilnya, dan masih mencari jawaban yang seharusnya ditulis untuk soal UAS atau lebih lagi kalau masih didiskusikan ma teman-teman mengenai jawabannya. Yah, wajar dan biasa. Seringkali hal itupun juga dialami oleh para mahasiswa. Termasuk aku. Pengalaman yang unik, yang tidak aku alami saat tidak menjadi mahasiswa. 
                Oke, ada beberapa momen dalam pengalaman UAS kali ini yang ingin kuabadikan di blog, pengalaman UAS di semester 1 MIK Fasilkom UI.  Ya, mungkin kelak bisa menjadi bahan buat nostalgia. ^_^ Dan ada beberapa hal yang ingin ku share, tapi belum pantas kalau disebut tips dan trik, karena nilaiku belum teruji. Nah, di semester ini, aku ambil 5 matakuliah, yaitu Metpen, PMPL, Pengolahan Citra, Bioinformatika dan Matrikulasi MD1. Dari 5 ini, hanya Metpen yang tidak ada UAS, sehingga masih ada 4 matkul yang harus dihadapi. Hari Rabu dimulai dengan UAS MD1 dan Bioinformatika. Hari Kamis, ada UAS PMPL.UAS terakhir hari Jumat ada pengolahan citra. Masing-masing UAS ada tantangannya dan ada hal khusus yang dilakukan untuk persiapannya.
                Hari selasa, sehari sebelum UAS MD1, aku dan Vina dating asistensi.Hehe, modus banget ya, tapi gpp lah, daripada ga bisa. Asistensi ini yang pertama yang kami ikuti, karena selama kuliah belum menemui sesuatu alasa yang kuat untuk dating asistensi, selain waktunya sore juga lebih milih melakukan yang lain. Halah, alasan doank.==”. Okelah, gpp, yang penting persiapan ujian ini lebih baik, UAS MD1 berjalan dengan cepatnya, hiks… kata lainnya waktunya cepat habis, padalah masih ada keraguan dalam jawaban. Oke, semoga hasilnya baik, sehingga matkul matrikulasi MD1 Lulus.Aamiin.
                Hari Rabu tiba, UAS MD1 alhamdulillah lancar, tapi ada beberapa soal yang ragu tentang cara penyelesaiannya. UAS Bioinformatika, soalnya ada 5, tapi jawabannya tak cukup ditulis di folio 5 halaman, upss, iy sampai minta tambahan folio. Jadinya sampe 7 halaman folio. Ckckck, nulis opo ae iku? Ya, cara dapatin buat gambar clustering dan phylogenetic tree yang panjang.Wow, keren, banyak banget, smeoga nilai akhirnya juga baik banget.Aamiin.

                Hari Kamis ini yang seru, UAS PMPL. Dari jam 9-11.30. Wow, menganalisis alias mengarang bebas.Hm, lebih banyak cerita soalnya. Soal A ada studi kasus gitu... Soal B essay yang fokus pada evaluasi diri, tentang sebutkan dan jelaskan 5 konsep yang dipahami setelah kuliah PMPL, lalu sebutkan minimal 2 keahlian / skill yang terlatih dalam kuliah PMPL, dan menyampaikan kritik,apreasiasi,review pada hasil proyek kelompok yang sepekan lalu kita review bareng. Soal C tentang evaluasi proyek. Wow, kalau yang kayak gini UASnya, aku jadi mesti nggombal alias nulis semua yang mau diomongin. Hasilnya 2 lembar folio. ada 4 halaman penuh. hehe....eits, tapi spesial UAS ini, pas nulis di baris terakhir halaman3 folio, setelah nulis titik (baca '.') , aku pun berhenti mengerjakan. Terpana dengan kertas lembar ujianku. Bukan karena tak punya ide menulis lagi, bukan karena soalnya sulit, bukan pula karena sudah puas dengan jawaban. Tapi karena "TINTA PULPEN HABIS". Subhanallah, serasa salting, bingung, diam, memikirkan apa yang harus dilakukan. Waktu UAS Masih sisa 1 jam. ==". Alhamdulillah, ini UAS open book, jadi tas ada di sampingku. Oke, lanjut cari pulpen yang lain, setelah agak lama, menemukan pulpen di tempat pen. Walau beda banget warna hitamnya, tapi tak apalah, daripada diem, melanjutkan untuk menggenapi jadi full 4 halaman.
               Hari Jumat, ini UAS terakhir, Pengolahan Citra. Wow, karena kemarin (kamis malam) nginep di kost Vina buat belajar bareng sampe jam 12 malam, bisa dibayangin UAS dengan agak ngantuk. Saat dapat soal, dan dibaca, aku agak shock. Ada 6 soal disana. Ya, enak dibaca. Hahaha, kayak rasa coklat.==". Hmmmm, gemes sih. Lha dari 6 soal yang keluar, hanya 1 soal yaarng kemarin kita bahas pas belajar yang keluar, dan itu pun adalah soal paling mudah insyaAllah. Wow, keren....ok, mengarang lagi.hahhaa. Alhamdulillah, kemarin pulang UAS, udah beli 2 pulpen baru, jadi aman tidak kehabisan tinta lagi. Nah, kali ini uniknya, saat di tengah waktu UAS mencari ide buat ngerjakan soal, mungkin beberapa menit aku masuk ke alam mimpi.Astaghfirullah, tertidur. Hm, baru sadar saat baca tulisanku. Satu baris tulisanku kacau (baca : jelek banget). Hm, iya sih tulisanku memang tak bagus, tapi satu baris itu terlihat banget kalau ditulis pada saat tidak sadar. Oke, langsung coret dan tulis ulang dengan kata yang mudah dibaca.

Hm, ya kesimpulannya nih. Buat yang UAS :
1. Persiapkan diri untuk UAS sejak sedini mungkin, khususnya setelah keluar jadwal UAS. Sehingga kita bisa atur jadwal belajar dan tentukan prioritas serta urutan yang mana dulu yang dipelajari.
2.Buat strategi yang cocok sesuai kebutuhan dengan manfaatkan fasilitas dan sarana yang ada. Misalnya perpustakaan, asistensi, buku, belajar bareng, dst.
3.Kalau UAS Open Book, siapkan catatan atau cetak slide atau pinjem catatan temen yang difoto copy dengan bijak dan tepat sasaran.
4.Siapkan alat tulis dengan baik, minimal 2 buah. Hehe, jangan cuma satu, nanti kejadian kayak aku repot juga. Apalagi aturan UAS ga boleh toleh kanan toleh kiri, apalagi meminjam alat tulis teman. T_T
5.Jangan belajar sampai larut malam, jangan SKS (Sistem Kebut Semalam), nanti pas ujian malah ngantuk, bahaya banget. Ya kalau tertidurnya cuma semenit, tapi kalau sejam, bisa jadi kertas lembar jawaban bukan buat ngisi jawaban tapi buat ........ (isi sendiri ya.hehe ;-)
Oke, semoga sukses UAS nya...^_^  

Komentar