Selamat Datang Mahasiswa Baru Pascasarjana MIK (Magister Ilmu Komputer) UI 2014

Selamat Datang Mahasiswa Baru Pascasarjana MIK (Magister Ilmu Komputer) Fasilkom UI 2014 ^_^


Yey.....
ini aku menyambut mahasiswa baru lewat posting blog pribadi...^_^ ditujukan buat teman-teman yang mungkin belum kenalan. Okelah, minimal aku seakan flash back setahun yang lalu, setelah registrasi selesai dan menunggu momen kuliah di Fasilkom seperti apa.

Oke, ini mungkin "sepele", tapi semoga ada manfaatnya [walau sedikit].

1. Tes Matrikulasi : SDA (Struktur Data dan Algoritma) ,Matematika Diskrit, Sistem Operasi, dan RPL (Rekayasa Piranti Lunak)
Nah, tes matrikulasi akan dilakukan sebelum perkuliah dimulai. Kalau misalnya ada yang dinilai kurang, maka akan dikenakan kuliah matrikulasi. Misalnya hasil tes menunjukkan bahwa ada 1 bidang dirasa kurang,sebut saja Matemarika Diskrit, maka harus mengambil matkul MD1 di semester 1 bersama dengan mahasiswa reguler S1 untuk menyelesaikan kompetensi tersebut. Jadinya seakan menambah beban mata kuliahmu, karena selama 1 semester, dan nilai dari MD1 tidak dihitung untuk penghitungan IPK.. So, prepare as well as you can. Ga usah takut, biasa aja kok, ga susah-susah amat, hanya yang "dasar". Hehe, justru ya yang dasar sering dilupakan. Upss!

2. IRS Online di academic.ui.ac.id
Enak ni, isi IRS Online. Kalau mau kirim pesan atau bimbingan ke dosen bisa gunakan fitur "kirim pesan ke PA". Tapi kalau mau langsung ketemu, ya bisa menemui di ruangan beliau.

3.Masa Add/Drop IRS = Masa Sit In Kuliah
Bagi yang masih ragu dengan pilihan matakuliahmu, bisa menggunakan waktu seminggu awal perkuliahan untuk "sit in". Ya, mencoba ikuti kuliah di awal pertemuan. Karena akan dijabarkan gambaran global tentang mata kuliah tersebut. Kalau kurang "sreg" dan kurang cocok maka bisa di drop.

4.Rajin buka  SCELE (www.scele.cs.ui.ac.id)
Ini penting..karena semuanya ada disitu, mulai informasi penting dan mendesak sampai ada forum terkait Fasilkom. Ya, selain pilih matakuliah yang kita ambil, disana juga kita masuk ke dalam foldernya. Jadi disanalah dosen sharing materinya,info tentang tugas,work sheet, quiz, dst. Jangan dibayangkan akan ada kertas-kertas yang ditempel di mading, hampir tidak ada. Karena di mading kebanyakan adalah info eksternal kampus, mulai dari acara kampus, event jurnal (abstract), conference, dst .

5. Oh iya, di MIK banyak bidang minat yang bisa didalami. Selain mata kuliah, ada juga lab khusus di setiap bidang minatnya, sehingga akan ada tempat yang tepat buat sharing, diskusi serta meneliti yang lebih spesifik dan fokus.

Oke, mungkin ini dulu yang bisa aku ceritakan. Kalau ada lagi, aku tulis disini deh. ^_^
Semangat semuanya!




Komentar

Anonim mengatakan…
Nice info thanks
Unknown mengatakan…
yup,semoga yang singkat di atas ada manfaatnya ^_^.