Ramadhan ini Berbeda


Ramadhanku tahun ini berbeda dengan tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya.
Tahun 2013 yang lalu,walau sudah lulus,tapi masih kerja di Malang.Masih kuingat,trakhir 3 Agustus jadi momen berpamitan dengan “keluarga” di kampus.
Baru akhir ramadhan pulang ke rumah,entah H-3 atau H-2.Aq lupa,yg pasti saat targetan amil setor ziswaf selesai.Oh,so sweet.
Tahun sebelumnya,2012,tak jauh berbeda,hampir full kegiatan di Malang.Ya,masih dengan kegiatan kampus.Apa saja,banyak.
Tahun ini,2014,seharusnya mungkin aq juga da di Depok saja.Hehe,status mahasiswa lagi.Tapi ternyata harga tiket kereta membuatku memilih pulkam pada 7Juli yg lalu.Sehingga,puasa di Depok sekitar 9 hari,sisanya di rumah tercinta.
Mungkin sangat sederhana,sangat sepele,apalagi kalau ditanya kegiatan di rumah apa.Hm,jujur aku mulai menikmatinya.Seakan hanya menemani ibuku ngobrol waktu di dapur,waktu nonton tv,atau ikutan dalam proyek rajutan ibu.Hehe,ibuku rajin dan suka buat rajutan,sekarang proyeknya buatin bros bunga buat semua staff beliau d puskesmas,ditambah buat sanak saudara waktu silaturrahim idul fitri kelak.
Tiap pagi,setelah sholat subuh dan tilawah,tugasku menyapu halaman depan dan samping rumah. Kalau ada tetangga yang lewat,pertanyaannya sama,”Sudah libur ya?” Jawabku singkat,dengan ya sambil mengangguk.
Sederhana,tapi bagiku penuh makna.
Tak hanya diam,sesekali bonceng Ibu, mengantarkan beliau ke puskesmas kesamben (jarak jombang-kesamben sekitar 20km) atau mengantarkan belanja.
Topik-topik pembicaraan ibu pun kurasa berbeda,agak “mengarah”.Hiks hiks,aku belum bisa menjawab dan cerita banyak.
Ramadhanku berbeda tahun ini,merasa belum menjadi putri yang bisa dibanggakan.Ramadhan ini berbeda,aku merasakan kenikmatannya.Mungkin memang ini yang kubutuhkan,menjadi salah satu target ramadhan tahun ini adalah back to my family.
Hehe,modus nih,sebelum diberikan amanah berkeluarga.
Okelah,dengan tetap melakukan yang maksimal buat lampaui target ibadah ramadhanku,aku pun menikmati liburan di bulan ramadhan ini.
Jombang,13Juli2014

Komentar