Rangkuman IMK "INTERAKSI ALAT DAN INPUT-OUTPUT"

INTERAKSI ALAT DAN INPUT-OUTPUT
Pendahuluan :
  • Untuk memperpendek jarak antara manusia dan komputer, desainer diharapkan mengerti terlebih dahulu karakteristik dari hardware yang dipakai.
INPUT/OUTPUT DEVICE
  • Input/Output Devices sekarang:
–      Keyboard, Mouse, CRT or LCD displays, Printers.
  • Input/Output Devices masa depan:
Gestural Input, 3-D pointing, more voice input/output, wearable devices, whole body involvement for some input/output tasks.
TEXT INPUT DEVICE
  • Text Input, dapat melalui:
–      Keyboard (à yang paling umum)
–      Speech Recognition (dengan percakapan)
–      Handwriting (dengan tulisan tangan)
–      Gloves (sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor-sensor)
POINTING INPUT CHOICE
  • Pointing, dapat melalui:
–      Mouse
–      Touch Screen
–      Track-Ball
–      Eye-Tracking (belum umum dipakai)
The Choice of Input Device
  • Harus memberikan kontribusi yang positif terhadap sistem.
  • Harus sesuai dengan tugasnya
  • Harus sesuai dengan lingkungannya
Keyboard
  • Merupakan input device yang diskrit, yaitu sekali tekan untuk satu inputan.
  • Merupakan yang terbaik untuk input text, tetapi untuk task seleksi (misal menu) keyboard lebih lambat dan tidak akurat dibandingkan device lainnya.
Macam-macam Keyboard:
–      Qwerty keyboard
–      Dvorak keyboard
–      Chord keyboard
POINTING DEVICE > TOUCH SCREEN
  • Mudah dipelajari
  • Merupakan jenis yang paling user friendly
  • Merupakan yang terbaik bagi yang tidak terbiasa pakai komputer
  • Kelemahan:
–      Mudah kotor
–      mahal
SPEECH INPUT
  • Keuntungan:
    • Mudah dipelajari (komunikasi alami)
    • Tidak menggunakan tangan
    • Cocok untuk orang cacat
  • Kekurangan:
    • Kurang presisi karena keterbatasan recognizer (pengenal suara)
    • Hanya digunakan untuk kondisi tertentu
    • Mudah terpengaruh suara lain
    • Bahasa manusia kadang-kadang sulit diinterpretasikan oleh komputer
Two Main Aspects of Input Devices
  1. Direct vs. Indirect
    Direct àpergerakan device secara fisik, sama dengan obyek di layar
                Contoh: mouse
                Indirect àdevice tetap di tempat, tetapi obyek di layar bergerak
                Contoh: joystick, trackball
  1. Absolute vs. Relative
    Absolute à lokasi input device dan obyek di layar adalah sama
                contoh: touch screen, light pen
                Relative à lokasi input device & obyek di layar berbeda
                contoh: mouse, trackball, joystick
Task – Device
  • Numeric Data Entry: Numeric Keypad
  • Text Data Entry: Alphanumeric Keyboard
  • Object Selection (e.g. icon selection): Mouse, TrackBall
  • Object Manipulation (e.g. drag & drop): Mouse, TrackBall
  • Tracking (e.g. drawing): Mouse, LightPen
OUTPUT DEVICE
  • Printed Output
–      Laser Printer, Ink Jet, Impact and Thermal Printer
  • Graphical Output
–      CRT or LCD displays, projectors
  • Audio Output
–      Stereo/Surround Speakers, Headphones
SOUND OUTPUT
  • Komputer memberikan informasi berupa suara:
–      Alerting à untuk menarik perhatian user
                contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa ada mail
–      Feedback à untuk feedback suatu task
                contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa proses format sudah selesai
  • Melengkapi visual interface (misal mengiringi game)
  • Berguna bagi user (mata user) yang sibuk
  • Proses background (misal mengetahui progress suatu proses melalui suara)
  • Orang buta, mengandalkan suara dari computer
  • Karena nada terdiri dari 5 dimensi (nada, warna, irama, volume, oktaf) maka usernya harus terlatih
  • Menyertai animasi algoritma (misal pada proses sorting, suara saat membandingkan, suara saat swap, dsb)
TYPES OF SOUND OUTPUT
  • Natural Sound: menggunakan suara sehari-hari.
    • kelemahannya: tidak semua bisa dianalogikan (misal untuk compile)
  • Musical Sound: menggunakan musik
    • Kelebihannya: semua bisa dibuat earcons
    • Kelemahannya: sulit ditebak, perlu training
  • Speech Output: suara manusia
                                                                                                                      

Komentar