INTERAKSI ALAT DAN INPUT-OUTPUT
Pendahuluan :- Untuk memperpendek jarak antara manusia dan komputer, desainer diharapkan mengerti terlebih dahulu karakteristik dari hardware yang dipakai.
- Input/Output Devices sekarang:
- Input/Output Devices masa depan:
TEXT INPUT DEVICE
- Text Input, dapat melalui:
– Speech Recognition (dengan percakapan)
– Handwriting (dengan tulisan tangan)
– Gloves (sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor-sensor)
POINTING INPUT CHOICE
- Pointing, dapat melalui:
– Touch Screen
– Track-Ball
– Eye-Tracking (belum umum dipakai)
The Choice of Input Device
- Harus memberikan kontribusi yang positif terhadap sistem.
- Harus sesuai dengan tugasnya
- Harus sesuai dengan lingkungannya
- Merupakan input device yang diskrit, yaitu sekali tekan untuk satu inputan.
- Merupakan yang terbaik untuk input text, tetapi untuk task seleksi (misal menu) keyboard lebih lambat dan tidak akurat dibandingkan device lainnya.
– Qwerty keyboard
– Dvorak keyboard
– Chord keyboard
POINTING DEVICE > TOUCH SCREEN
- Mudah dipelajari
- Merupakan jenis yang paling user friendly
- Merupakan yang terbaik bagi yang tidak terbiasa pakai komputer
- Kelemahan:
– mahal
SPEECH INPUT
- Keuntungan:
- Mudah dipelajari (komunikasi alami)
- Tidak menggunakan tangan
- Cocok untuk orang cacat
- Kekurangan:
- Kurang presisi karena keterbatasan recognizer (pengenal suara)
- Hanya digunakan untuk kondisi tertentu
- Mudah terpengaruh suara lain
- Bahasa manusia kadang-kadang sulit diinterpretasikan oleh komputer
- Direct vs. Indirect
Direct àpergerakan device secara fisik, sama dengan obyek di layar
Indirect àdevice tetap di tempat, tetapi obyek di layar bergerak
Contoh: joystick, trackball
- Absolute vs. Relative
Absolute à lokasi input device dan obyek di layar adalah sama
Relative à lokasi input device & obyek di layar berbeda
contoh: mouse, trackball, joystick
Task – Device
- Numeric Data Entry: Numeric Keypad
- Text Data Entry: Alphanumeric Keyboard
- Object Selection (e.g. icon selection): Mouse, TrackBall
- Object Manipulation (e.g. drag & drop): Mouse, TrackBall
- Tracking (e.g. drawing): Mouse, LightPen
- Printed Output
- Graphical Output
- Audio Output
SOUND OUTPUT
- Komputer memberikan informasi berupa suara:
contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa ada mail
– Feedback à untuk feedback suatu task
contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa proses format sudah selesai
- Melengkapi visual interface (misal mengiringi game)
- Berguna bagi user (mata user) yang sibuk
- Proses background (misal mengetahui progress suatu proses melalui suara)
- Orang buta, mengandalkan suara dari computer
- Karena nada terdiri dari 5 dimensi (nada, warna, irama, volume, oktaf) maka usernya harus terlatih
- Menyertai animasi algoritma (misal pada proses sorting, suara saat membandingkan, suara saat swap, dsb)
- Natural Sound: menggunakan suara sehari-hari.
- kelemahannya: tidak semua bisa dianalogikan (misal untuk compile)
- Musical Sound: menggunakan musik
- Kelebihannya: semua bisa dibuat earcons
- Kelemahannya: sulit ditebak, perlu training
- Speech Output: suara manusia
Komentar