Tips Cara Jitu Menghadapi UAS

Akhirnya yang kita tunggu – tunggu datang juga, yups bener banget “Minggu Tenang”. Setelah “minggu tenang”, ada sebuah momen yang menentukan ke-mahasiswaan kita, yaitu UAS Ganjil 2008/2009. Special for MABA 2008, UAS ini merupakan ajang evaluasi pertama. Buat MALA FMIPA, tetap harus fight donk! Hm…gimana? Sudah siapkah?
Berikut ini adalah tips yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS:
1. Rencanakan Keberhasilan Kita
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata kuliah yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik. Nah, ada baiknya kita membuat rencana belajar plus pencapaian nilai alias target nilai. Target yang kita buat kita sesuaikan dengan kemampuan, jangan terlalu rendah coz ngerasa ga mampu atau malah ketinggian coz kepedean atau malah ga berani buat target coz pasrah pada keadaan.Hm...keberhasilan seharusnya sudah kita rencanakan, jangan cuma jadwal pulang kampung aja yang direncanakan.Hehehe...
2. Ajak Teman yang Pandai tuk Belajar Kelompok
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan. Hm...ajak aja teman yang pandai dan rajin belajar agar yang kurang ngerti jadi ketularan ngerti dan semangat belajar. Khan bisa membahas materi yang belum dipahami, baik yang sudah dijelaskan maupun belum dijelaskan dosen.
3. Disiplin Dalam Belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Konsekuensinya kita belajar tepat waktu dan dengan konsentrasi penuh, maksudnya tidak sambil main-main.
4. Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian sudah dekat biasanya kita panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan belajar hingga larut malam alias begadang. Sebaiknya ketika akan ujian, kita tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Bahaya khan kalo waktu ujian, kita malah ngantuk lalu ketiduran. Jadinya malah hancur.
5. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan pengawas dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan.

Komentar