Desember ini memang beda...

Yups...DESEMBER kali ini memang beda, spesial sekali bagiku...Why I say like that? Coz aku mendapat pengalaman dan pelajaran yang Subhannallah bagiku....
Seperti biasanya, aku jarang banget posting, coz memang ngerasa nulis alias ngetik di atas Keyboard begitu sulit. Saat Tecra ini aku ajak kerjasama, dia berusaha keras untuk bertahan, eh...Aku malah ketiduran.^_^
Hm....langsung ja deh, berikut ini REKAPITULASI kisah perjalanan hidupku.
Tanggal 1 Desember: Kegiatanku adalah persiapan Bakti Sosial FORKALAM, coz aku diamanahi jadi staff Humdan. So, lagi milih2 tujuan sponsorship dan beberapa cara lain penggalangan dana.
Tanggal 2 Desember: Aku bersama Kingkin (Seco.humdan) mengunjungi ke salah satu sponsor untuk meminta tindak lanjutnya. Alhamdulillah, lancar...alias mendapat bantuan. Walau ada pengalaman unik yang bisa kuambil hikmahnya.
Tanggal 3-5 Desember : Persiapan BAKSOS FORKALAM yang lebih giat dan semangat, penggalangan dana, ga hanya lewat kotak infaq di tiap2 kelas, tetapi juga turun ke jalan, serta menjual stiker. Selain itu, kuingat saat itu sore harinya ada rapat besar Krima esoknya, tapi sayang aku ada agenda lain yang lebih urgent sehingga awal acara ga datang.
Tanggal 6 Desember : Hari itu ada 4 agenda sekaligus...
Pertama, Syuro FSLDK jam 6 di sekret UAKI
Kedua, kumpul panitia PMLRK di gedung D3 FIA jam 6.30
Ketiga, deadline pengumpulan laporan biodas jam 8
Keempat, ada agenda di luar kampus jam 8
Alhamdulillah, setelah dipikir2 prioritasnya, aku bisa memutuskan dan memilih tentunya. Dan semua agenda itu aku jalani walau memang ga 100%.
Agenda terakhir aku jalani sampai jam 5 sore
Tanggal 7-8 Desember : Aku pulang ke Jombang.....Alhamdulillah, pagi itu jam 7 aku dah tiba di terminal dan mendapat tempat duduk yang nyaman. Aku sampai rumah sekitar jam 10 pagi. Sehingga, aku ga ikut ke lokasi kurban dan bakti sosial fkj. Sholat Id di musholla Perumahan GKM Praktis aja aku ibu dan 2 adikku jalan kaki cz memang deket dari rumah.Senin sore aku balik ke Malang lagi cz Selasa dah kembali lagi kegiatan kampus.Aku tak menyangka kalo keadaan terminal begitu rame Alhamdulillah..setelah menunggu 2 bis ada lagi bis yang datang.Aku bertemu dengan temanku saat di IMJ dulu.Aku diajak segera lari menuju bis yang baru datang.Awalnya aku ragu kalo nantinya masih ada tempat duduk untukku.Aku memakai rok dan membawa tas tambahan.Pertama kali, aku dan temanku itu berdiri berebut di depan pintu depan.Kedua,setelah aku berdesakan tetapi tak kunjung bisa masuk,aku langsung menoleh ke arah belakang,ternyata pintu belakang sepi dari desakan orang.Aku langsung bersemangat menuju pintu yang belakang.Setelah naik ke atas bis,aku menemukan satu kursi di sampingku.Aku langsung bertanya kepada penumpang yang telah duduk.Setelah mendapat jawaban bahwa kursi kosong,langsung saja aku duduk.Akhirnya aku kembali bisa tidur enak di bis selama perjalanan pulang.
Tanggal 9 Desember : Kembali pada aktivitas kampus.Bisa ditebak teman2ku banyak banget yang ga masuk kuliah.Kelas sepi.Waktu kuliah Alin siang itu,sang dosen,bu Vira malah beri kita yang masuk kuis,ini merupakan hadiah khusus dari beliau untuk kita yang masuk.Walau aneh tapi tetep aja wez semua ada hikmahnya.Kita yang mausik punya tamabahn nilai. Setelah kuliah ada rapat besar panitia KRIMA MIPA 08. Di sela – sela rapat,Mbak Nung telpon memberitahukan tinjak lanjut penugasannya kepadaku tuk ikut SESI di UGM.Ternyata suaranya ganti seoarang ikhwan,beliau menyatakan besok jam 6 syuro alias briefing ke UGM.Selain itu aku diberi proposal untuk mencari dana berangkat ke UGM.
Tanggal 10 Desember : Jam 6 pagi aku masih di kamar,menyiapkan diri tuk segera berangkat syuro di kampus. Pagi itu ada syuro PDPH FKJ dan pembekalan SESI di UGM.Aku mampir ke MNI lalu ke MRP. Yups,syuro di MRP dimulai jam setengah 7 pagi dan berakhir jam 8 pagi.Dikatakan pada forum itu bahwa yang berangkat ke UGM hanya 3 orang terdiri dari 2 ikhwan dan 1 akhwat.
Tanggal 11 Desember : Aktivitas seperti biasanya.Kuliah terus organisasi atau ngerjakan tugas kuliah.Sorenya ditemani Ukhti Nung ke rumah salah satu anggota DPRD guna mengajukan proposal.Dengan berhujan – hujan ria aku memaksakan diri untuk terus berjalan dan sampai akhirnya kami sampai di rumah beliau.Alhamdulilllah beliau memberi bantuan.
Tanggal 12 Desember :Aku ingat saat itu Jumat,ada tambahan TEK-KOMP smapai jam setengah 3,alhamdulillah ga 4 sks sekaligus.Aku dah ga konsen,ba’da ashar kudu dah di tempat LQ,Terus nyiapin diri buat berangkat ke UGM,di MRP jam 5.Kenyataannya saat itu setelah selesai kuliah aku langsung berangkat ke TKP terus pulang ke Al-Haritsah.Hujan turun meramaikan suasana malam itu.Aku khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan.Alhamdulillah sesampainya di MRP,aku menjumpai sosok akhwat yang
juga membawa tas besar.Ternyata aku tak sendiri ke jogja.Ada Ukhti Lisa sebagai perwakilan LDK UAKI UB.
Tanggal 13-14 Desember : Sekolah Singkat Aktivis Dakwah Kampus di UGM
Tanggal 15 Desember : Alhamdulillah sampai Malang,tepatnya sampai kost sekitar jam 5. Berangkat jam 6 tuk kuliah ganti Tekkomp. Sorenya nih yang keren,yaitu UAP BIODAS.Alhamdulillah aku tak begitu bingung walau memang aku tak bisa tenang.
Tanggal 16 Desember :Hari ini agak repot.Tugas kuliah kudu segera diselesaikan.Sorenya ada rapat besar persiapan Krima,ada rapat EM RISTEK,serta aku ngadakan syuro LSO Penerbitan Forkalam,aku pilih syuro.Walau yang datang hanya 3 orang,tapi aku yakin kita bisa bergerak.Evaluasi kerja LSO PENERBITAN di mata anggota.Salah satu poin terpenting adalah masalah internal,yups tentang sang Qiyadah,dalam hal ini sang koordinatornya.
Tanggal 17 Desember : Rabu ini kuliah full,seperti biasa dari jam setengah 8 sampai jam 4 sore.Walau gitu ada beberapa jeda kuliah buat istirahat dan makan.
Tanggal 18 Desember : Pagi ada tambahan kuliah pagi yaitu Tekkomp.Dilanjutkan kuliah RO jam setengah 8.Sorenya sebelum KIM3 aku dan Ukhti Kingkin menjalankan hasil syuro 2 hari yang lalu yaitu menerbitkan mading bulan ini.Setelah selesai bukannya ke K-IM3 ehhh malah tertangkap panitia KRIMA.
Tanggal 19 Desember : Jumat sebenarnya hanya ada 2 kuliah.Itupun hanya sampai jam 11.Walaupun begitu,aktivitas bukan berarti berkurang,tapi malah padat.Rapat KRIMA kembali tuk esok hari.KRIMA FMIPA yang terakhir. Seperti biasa,aku tak pernah ikut rapat cz ada agenda tarbiyah yang pastinya jadi prioritas.
Tanggal 20 Desember : KRIMA MIPA terakhir yaitu INAGURASI. Acaranya penuh dengan Band,darama,dan acara – cara yang hanya menghibur.Awalnya aku ngerjakan tugas sie kestari,berupa rekap semua surat keluar.Setelah selesai,Aku gabung ke acara di GS lantai 3.Rasanya sayang banget,waktuku hanya buat duduk dan menikmati acara yang bagiku kurang menghibur.Mungkin karena pikiranku ga di ruangan itu.Hari itu bener – bener banyak agenda penting.Kata salah satu akhwat yang juga panitia,hari itu ada 4,bahkan 5 buatku.Hm,aku hanya membayangkan hanya 2,KRIMA dan PERSIAPAN KE NGANJUK.Ternyata ada 2 Agenda KAMMI,UpGraiding Mentor dan Training Of Mentoring.Aku jadi mentor sebenernya wajib datang.Tapi gimana lagi,aku jam 1 juga dah izin kabur dari KRIMA.Panitia yang ikhwah semuanya dah ga berada di tempat.Ya waktu cepet banget,adzan Dhuhur berkumandang,segera aku izin ke KAPEL buat pulang tuk persiapan ke Nganjuk,alhamdulillah diizinkan.Sore harinya sekitar jam 3 aku bersama tim Puskomda berngkat ke Nganjuk naik motor.Ini pengalaman pertama melewati jalan yang berbelok – belok dari Malang – Kandangan aku dibonceng motor.Biasanya rute ini kutempuh dengan bis.
Tanggal 21 Desember : Hari ini pengalaan pertama ikut LTC (LDK Training Center) Aku baru tahu tentang kegiatan pendampingan LDK seperti apa.Peserta yang berasal dari beberapa LDK dari beberapa kampus di Nganjuk ikut.Materinya disampaikan oleh tim dari Malang yaitu materi dakwah dan urgensinya,apa itu LDK,urgensi keputrian atau kemuslimahan,serta alur Kaderisasi. Aku sempet was-was acara belum juga selesai.Aku menelepon Rina dan Reza guna menanyakan apakah besok tuh kuis Tekkomp apa ga.
Tanggal 22 Desember : Terus jam 6 berangkat kuliah,cz rencananya akan ada kuis Tekkomp.Hmm,ternyata memang kuis.Jujur,aku ga ngerti.Jadi ya gitu,aku jawab sebisaku.Siangnya,sang dosen membahasnya.Melihat jawabannya di papan,jawabanku ga ada yang bener.Ya sudah, harapan itu masih ada,masih ada UAS.
Tanggal 23 Desember : Selasa ini disibukkan dengan tugas responsi Teopel. Selain itu kepastiannya apakah INBOX 19 akan disebar.Alhamdulillah sore harinya dah menadpat INBOX yang siap sebar.Syukron atas Staff LSO Penerbitan yang tanggap dan segera menyelesaikan tugasnya.
Tanggal 24 Desember : Rabu ini dobel dapet mata kuliah Algoritma dan Struktur Data,pagi dan sore hari tepatnya.Hmm, hari ini targetku INBOX harus dah selesai tersebar.Cz besok dah mulai libur so jarang ada mahasiswa yang ke kampus.Alhamdulillah pagi harinya ada syuro PDPH.Jadi kesempatan buat bagi tiap prodi.Kali ini syuro bener – bener membahas tentang kegiatan MILAD FORKALAM ke-10 yang mengundang Ust Salim A Fillah untuk membedah buku barunya,”JALAN CINTA PARA PEJUANG” .
Tanggal 25 Desember : Hari libur tak kudapatkan.Hari ini ada kegiatan RISTEK ngadakan AMT (ACADEMIC MOTIVATION TRAINING).GRATISS...Awalnya aku pingin datang jam 6 pagi,cz sms jarkom tuk agenda yang lain ba’da dhuhur.Tapi kuurungkan niatku,dan mengalihkan perhatian ke tumpukan baju di kamar.Yups,aku memutuskan untuk menyetrika.Setelah selesai jam setengah 9,ada sms masuk yang mengabarkan kalo acra AMT baru dimulai.Alhamdulillah,bergegas aku menyiapkan diri.Sekitar jam 9 aku berangkat dari kost.Sesampainya di WIDYALOKA,aku menyapa sang panitia,dan pingin langsung masuk ruang.Subhanallah,peserta yang ikut banyaaak banget,sampai ada yang ga kebagian kursi.Alhamdulillah,aku melihat bangku kosong di barisan belakang.Aku menikmati acara smapai jam setengah 1.Lalu aku keluar gedung dan menuju ke MNI tuk sholat dhuhur dan bertemu satu akhwat.Setelah itu baru berjalan menuju luar Barwijaya ke agenda yang penting lainnya.
Tanggal 26 Desember : Syuro bedah buku jam 6.15 di MNI,membahas tuntas apa masalahnya dan rencana detailnya.Setelah selesai syuro sekitar jam setengah sembilan,aku bersama beberapa akhwat menuju agenda yang lain di UB.Hmm,aku tak mengikuti acara sampai selesai.Jam 3 aku bersama beberapa akhwat izin meninggalkan tempat untuk ke agenda yang penting juga.Sholat dulu di MNI,ehhh malah syuro koordinasi agak lama membahas konsumsi buat bedah buku besok.Jam 4 sore,seingatku baru jalan menuju tempat tujuan berikutnya.Agenda berakhir jam 5,tetapi tak itu aja ,aku dan satu akhwat tak pulang dulu,mengurus perlengkapan buat esok hari plus untuk masalah konsumsi. Dengan naik angkot,kami turun di depan toko kue Madinah.Tujuannya membeli kue buat pemateri besok.Terus waktu keluar toko,aku melihat seorang akhwat MIPA ’08 yang juga panitia.Spontan aja aku panggil.Selanjutnya,melangkah ke SARDO membeli air minum gelasan dan botol untuk pemateri.Hm,membeli 2 kardus dan 6 botol.Alhamdulillah kami kuat untuk membawanya sampai ke salah satu rumah kontrakan kahwat terdekat.
Tanggal 27 Desember : Acara bedah buku pun diadakan.Panitia berpakaian koko tuk yang ikhwan / jilbab putih tuk akhwat dan mengenakan bawahan hitam / gelap telah kumpul di MNI sekitar jam 6.Acara tepat dimulai jam 8 lalu dilanjutkan dengan tilawah dan pemberian sambutan.Alhamdulillah,Pak Dekan MIPA berkenan hadir dan memberi sambutan.Setelah itu acara langsung diserahkan kepada moderator dan sang penulis buku spesial itu.Acara semakin seru walau pesertanya tak sampai memenuhi ruangan Widyaloka.Bagiku acaranya memang keren,mengundang seseorang yang spesial.Aku juga masuk ke ruangan dan mengikuti rangkaian acara sampai dhuhur.Setelah makan siang,aku izin pulang lebih dulu,untuk persiapan ke Jombang.Sekalian aku pulang kampung,cz juga ada LTC besok di STKIP.
Tanggal 28 Desember : Pagi jam setengah 6 aku bersiap-siap tuk berangkat syuro di daerah Perum Jaya Abadi. Sebelumnya aku harus menjemput akhwat di Gg 5 CandiMulyo. Sesampainya di masjid CandiMulyo aku bingung.Aku tak menemukan akhwat yang menunggu.Aku menelepon Ukhti Nung terus disambung Ukhti Nisa, tetap saja belum bisa menjawab kebingunganku.Akhirnya aku kembali dan Ukhti Manisfu dah duduk di perempatan gg 5.Setelah bertemu,langsung saja kami menuju tempat syuro.Setelah selesai,kita menuju kampus STKIP.Disana panitia dan bersiap-siap.Sebelum acaranya dimulai,aku izin pulang dulu.Awalnya berniat mengambil kamera,eh ada hal yang tidak diinginkan terjadi.Baterenya abiz memorinya juga Cuma 16 MB.Jadi terpakasa wez,aku ga memakai kamera.Afwan kepada semuanya.Acara dimulai aku baru datang.Tadinya aku memakai sandal yang coklat tua.Setelah pulang tadi,aku ganti sandal yang coklat muda.Hmm,apa yang terjadi memang tak bisa diduga.Sndal coklat muda-ku itu rusak.Alias pedhot atau copot tali pengaitnya.Aku berusaha menyembunyikannya.Aku ga tenang banget selama mengikuti acara.Padahal acarnya seru.Berbeda dengan LTC di Nganjuk yang mengundang beberapa LDK,peserta LTC kali ini sebagian besar hanya dari PEMAS STKIP.Materinya hampir sama yaitu tentang Urgensi dakwah,tahap-tahap kaderisasi,Kemuslimahan,serta Training dari alumni PEMAS dan materi yang penting lainnya.Hhh,aku ketahuan sesaat sebelum sholat Ashar saat berjalan menuju masjid.Wah,setelah bertahan dari jam 9 – 3 sore tuh.Hm,konyol banget.Tetapi hal unik ini membawa hikmah kepadaku.Aku intropeksi diri apa yang telah ada di dalam hatiku hari ini.Ikhlaskah aku berada di ruangan itu?Apakah aku berninat sombong?Ataukah aku tak percaya diri dengan sandal coklatku yang sebelumnya aku pake?Alhamdulillah akhirnya acara selesai,aku dijemput adikku.Dan tim Puskomda serta LDK UAKI pulang tuk kembali ke Malang.
Tanggal 29 Desember : Hari ini tanggal 1 Muharam 1430 H. Aku bersama 2 adikku menghadiri acara reuni EEC yang ke-7 di GOR.Acara memang selalu seperti itu.Ada penampilan dari siswa dan alumi.Tapi ada suasana yang beda dengan acara hura-hura yang lain.Acara ini masih sangat islami.Ukhuwah yang dirajut EEC bener-bener erat.Kemarin terhitung lebih dari seribu alumni dan siswa yang datang ke acara.Dan ada satu momen yang spesial.Aku dan adikku bertemu dan berbincang-bincang dengan sahabat semasa kecil. Dia sepantaran adikku,Tika.Wah kita ngobrolnya agak sungkan cz dah lama sekitar 10 tahun kita tak ketemu tuk ngobrol. Lucu juga. Ternyata dia sekarang kuliah di Malang,tapi bukan di UB.
Tanggal 30 Desember : Hari ini aku di rumah tersayang.Ditemani si Tecra.Pagi ini aku awali dengan mengetik file ini.Yah itung-itung sebagai aplikasi dari impianku menulis sesuatu di blog. Walau memang aku belum bisa membuat blogku bagus dan dibaca oleh orang banyak.Mungkin karena blogku lebih banyak menyajikan cerita hidup atau pengalamanku saja.

Komentar