BAKSOS DAN QURBAN FORKALAM feat FOKSI

Alhamdulillah, akhirnya kegaiatan Bakti Sosial dan Qurban FORKALAM 2008 pada tanggal 5, 6, dan 7 Desember 2008 selesai dilaksanakan dengan lancar. Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan MILAD FORKALAM (Forum Kajian Islam) FMIPA UB yang ke-10.Seperti tahun lalu, kegiatan memperingati Hari Raya Idhul Adha ini FORKALAM menggandeng FOKSI untuk berpartisipasi menyukseskan acara bakti sosial dan qurban. Selama tiga hari dua malam panitia mengadakan beberapa kegiatan yang insyaAllah bermanfaat bagi pihak panitia dan terutama para warga sekitar. Kali ini, panitia menetapkan pilihan pada desa Kucur, Kecamatan Dau sebagai tempat tujuan bakti sosial dan Qurban 2008 ini.
Panitia FORKALAM bersama dengan FOKSI berangkat dari kampus tercinta ini pada hari Sabtu, 5 Desember 2008 sekitar pukul 4 sore, dan keberangkatan tersebut diiringi hujan deras dan beberapa kali salah jalan. Tetapi Alhamdulilah, all panitia sampai di tempat tujuan dengan selamat. Rangkaian acara bakti sosial ini dimulai ba’da maghrib, yaitu kegiatan pengajian remaja dan adek – adek di kampung yang sebenarnya juga sudah dilaksanakan rutin di sana. Selain untuk para remaja dan adek – adek, panitia juga menyelenggarakan pengajian yang ditujukan khusus untuk warga desa Kucur pada Ahad, 6 Desember 2008. Setelah pengajian warga selesai dilaksanakan, kegiatanpun dilanjutkan dengan pembagian sembako murah dan baju gratis. Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga kampung. Sore harinya, kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan adik - adik SD dan SMP.
Esoknya, Senin 7 Desember 2008 merupakan acara puncak dari kegiatan baksos dan Qurban ini. All Panitia melakukan sholat Idhul Adha di masjid dekat rumah penginapan. Setelah sholat Id, panitia ikhwan dengan dibantu beberapa warga melakukan penyembelihan 5 kambing, yaitu hewan kurban yang dibeli dari hasil penggalangan dana dan pemberian dari beberapa donatur. Setelah proses penyembelihan selesai dilakukan, giliran panitia akhwat yang memotong-motong daging menjadi bagian yang lebih kecil untuk dibagikan kepada warga. Potongan daging hewan kurban tersebut dimasak bersama warga sekitar sehingga panitia juga merasakan masakan spesial Idhul Adha itu. Rangkaian kegiatan baksos pun akhirnya ditutup dengan melakukan silaturrahim dengan warga di Desa Kucur Kecamatan Dau. Alhamdulilah, setelah serangkaian kegiatan baksos selesai, all panitia kembali pulang ke Malang. All panitia mengucapkan terima kasih banyak kepada teman – teman yang telah membantu, menyumbang, dan mendukung kegiatan baksos ini serta kepada para donatur yang telah ikhlas membantu. Semoga amal-amal baik kita diterima disisi-Nya.Amin. (Betha)

Komentar