Keutamaan Bulan Ramadhan

Sambutlah,bulan yang suci mulia,Ramadhan yang penuh makna
Untuk kita semua,Bulan suci,Ramadhan yang penuh arti,
Kita bersama diuji,Membersihkan diri
(SNADA,Pagi Ramadhan)
Ramadhan adalah bulan kebaikan dan penuh barakah, Allah memberkahinya dengan banyak keutamaan. REFRESHmania, pingin tahu khan apa aja keutamaan bulan ramadhan, ini nich jawabannya! Berikut ini penjelasannya, dibaca ya, terus dinikmati, dan dipahami ya!!! Itung-itung buat bekal kita menyambut bulan ramadhan, khan salah satu bentuk persiapan kita menyambut bulan suci Ramadhan, key? Setuju donk pastinya!
1. Bulan Tarbiyah untuk mencapai derajat taqwa.
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.” (QS Al Baqarah: 183) REFRESHmania, bulan Ramadhan merupakan bulan tarbiyah (pembinaan / pendidikan) setiap insan untuk dapat mencapai derajat takwa. So, jadikan puasa sebagai ajang perlombaan untuk perbanyak kebaikan dengan beribu kebajikan setiap harinya di bulan ini. Inget-inget…TiNg!!!Ramadhan bukan ajang coba-coba lho!?!?!?
2. Bulan diturunkannya Al Qur’an.
Bulan Ramadhan semakin SiiP, penuh berkah dan nikmat dengan turunnya Al Qur’an ke muka bumi sebagai petunjuk buat manusia, penjelasan tentang petunjuk itu, dan juga sebagai pemisah (yang haq dan yang batil) (QS Al Baqarah: 185). Di bulan suci ini Rasulullah Muhammad saw juga banyak membaca Al-Quran sebagaimana diriwayatkan: “Dan Jibril ‘Alaihis-Salam menjumpai rasul saw pada setiap malam bulan Ramadhan, dan beliau mengajaknya bertadarrus Al Qur’an”. (HR Muttafaqun ‘alaih). REFRESHmania, sebagai pengikut rasul, Qt juga ngikutin tadarrus tiap malam ya?? Jangan lupa lho!
3. Bulan yang paling utama, bulan penuh berkah.
Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan, dan hari yang paling utama adalah hari Jum’at (HR At-Thabarani) . Dari Ubadah bin Ash-Shamit, bahwa Rasulullah SAW, pada suatu hari, ketika Ramadhan telah tiba, bersabda: “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah SWT memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan do’a. pada bulan itu Allah swt akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah swt”. (HR Ath-Thabarani) . Don’t miss it ya??!!
4. Bulan ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan.
Rasulullah saw bersabda: “Shalat lima waktu, dari Jum’at ke Jum’at, dari Ramadhan ke Ramadhan, dapat menghapuskan dosa-dosa, apabila dosa-dosa besar dihindari." (HR Muslim). Barang siapa yang melakukan ibadah di malam hari bulan Ramadhan, karena iman dan mengharapkan ridha Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni. (Muttafaqun ‘alaih). Apabila Ramadhan datang, maka pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaithon-syaithon dibelenggu. (Muttafqun ‘alaih). REFRESHmania, yang satu ini always diinget ya jangan sampe forget! Cz bakal nyesel deh, kalo lewatin yang satu ini. Pintu syurga dibuka lebar-lebar, mari Qt raih peluang emas ini dengan melakukan ibadah kepada Allah dengan penuh ketaatan. Key…Let’s Go!



5. Bulan dilipat gandakannya amal shaleh.
Rabb-Mu berkata: “Setiap perbuatan baik dilipat gandakan pahalanya sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa, puasa itu untuk-Ku, dan Akulah yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai yang melindungi dari api neraka. Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih wangi dari pada parfum misik. Apabila orang bodoh berlaku jahil kepada seseorang diantara kamu yang tengah berpuasa, hendaknya ia katakan: “Aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa”. HR At-Tirmidzi.
Bulan Ramadhan awalnya rahmat, tengahnya ampunan dan akhirnya pembebasan dari neraka, siapa yang memberikan keringanan bagi hamba sahayanya pada bulan itu, Allah akan ampuni dosanya, dan dia dibebaskan dari neraka. Pada bulan ini, perbanyaklah empat hal, dua diantaranya membuat kamu diridhai Rabbmu, dan dua yang lainnya sesuatu yang sangat kamu butuhkan.
Dua hal yang membuat kamu diridhai Rabbmu adalah:
1. Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan
2. Kamu meminta ampunan kepada-Nya.
Sedangkan dua hal lainnya yang sangat kamu butuhkan adalah:
3. Kamu meminta syurga kepada Allah, dan
4. Kamu minta dilindungi dari neraka.
REFRESHmania, oke banget khan bulan Ramadhan ini. Empat hal di atas itu kudu dicatet dan diterapin dengan benar, supaya Qt termasuk insan yang beruntung. So, Mmari kita perbanyak amal baik di bulan Ramadhan, teruzz dilanjutin tuk bulan selanjutnya. Smoga Qt tetep dalam petunjukNya dan tetep istiqomah ya…
6. Ramadhan bulan jihad, bulan kemenangan
REFRESHmania, sejarah mencatat bahwa pada bulan suci Ramadhan inilah beberapa kesuksesan dan kemenangan besar diraih umat Islam, yang sekaligus membuktikan bahwa Ramadhan bukan bulan malas dan lemah, tapi merupakan bulan kuat, bulan jihad, bulan kemenangan. Wah tambah keren dech yang satu ini. Salut buangeeetzzz.
Perang Badar Kubro yang diabadikan dalam Al Qur’an sebagai yaumul furqan, dan umat Islam saat itu meraih kemenangan besar, terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 H. Dan saat itu, gembong kebatilan: Abu Jahal, terbunuh.Pada bulan Ramadhan pula fathu Makkah terjadi, yang dibadaikan dalam Al Qur’an sebagai Fathan Mubiiina, tepatnya pada tanggal 10 Ramadhan tahun 8 H. Serangkaian peristiwa besar lainnya juga terjadi pada bulan Ramadhan, seperti: beberapa pertempuran dalam perang Tabuk, terjadi pada bulan Ramadhan tahun 9 H. Tersebarnya Islam di Yaman pada bulan Ramadhan tahun 10 Hijriyah. Khalid bin Al Walid menghancurkan berhala Uzza pada tanggal 25 Ramadhan tahun 8H. Dihancurkannya berhala Latta pada bulan Ramadhan tahun 9 Hijriyah. Ditaklukkannya Andalus di bawah pimpinan Thariq bin Ziyad pada tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Finally, REFRESHmania kudu bias nyimpulin ndiri ya tentang keutamaan bulan Ramadhan yang begitu mengagumkan. Bulan Ramadhan bener – bener bulan yang utama buat Qt. So that, bulan Ramadhan wajib deh Qt jalanin dengan sebaik-baiknya hanya untuk Allah. Hmm….Satu lagi pesen buat REFRESHmania, bulan Ramadhan bukan bulan bermalas – malasan, tidur seharian, nonton TV kebangetan, ato hal yang kurang bermanfaat. Bulan Ramadhan itu harusnya bulan yang penuh dengan semangat, suka cita, dan melakukan aktivitas-aktivitas Qt yang sangat bermanfaat bagi dunia dan akhirat tentunya. Selamat datang bulan penuh keutamaan ini, semoga kita jadi orang beruntung.Amin…

Komentar